Daerah

Banyak Pengemis di Pekanbaru, Walikota Minta Tertibkan


Banyak Pengemis di Pekanbaru, Walikota Minta Tertibkan
dok.
PESISIRNEWS.COM, PEKANBARU - Selain persoalan sampah yang kini menumpuk di setiap ruas jalan Pekanbaru, gelandangan dan pengemis juga ada di mana-mana.

Walikota Pekanbaru Firdaus MT saat diminta tanggapannya terhadap keberadan gelandangan dan pengemis (Gepeng) yang semakin marak di Kota Pekanbaru, Satuan Kerja (Satker) terkait diminta tetap terus melakukan penertiban gepeng.

"Setiap tahun masalah ini pasti akan terus terjadi. Pekanbaru ini layaknya gula, dan gepeng semutnya. Apalagi gepeng yang ada di Pekanbaru ini bukan warga Pekanbaru. SKPD Terkait tetap lakukan penertiban apapun kondisinya," tegas Firdaus saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (6/6/2016).

Wako juga meminta kepada masyarakat Pekanbaru untuk tidak memberikan bantuan ataupun sumbangan kepada gepeng. "Kalau perlu berikan bantuan ataupun sumbangan ke lembaga yang resmi. Jangan kasih sumbangan ke gepeng," pinta Wako.

Diakuinya, keterbatasan anggaran di Satker terkait juga menjadi penyebab kenapa gepeng yang telah ditertibkan tidak bisa dibina di rumah singgah. "Bagi gepeng yang telah ditertibkan, kami hanya bisa memulangkan ke daerah asal saja. Kita tidak bisa menampung karena kita tidak punya rumah singgah," terangnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Sosial Kota Pekanbaru, Chairani mengungkapkan, untuk penertiban pihaknya hanya bisa ikut serta dalam penertiban yang dilakukan oleh Satpol PP Pekanbaru, karena anggaran penertiban yang ada pada Dinas Sosial sudah ditiadakan.

"Kalau tahun lalu, untuk penertiban gepeng Dinas Sosial memiliki anggaran tersendiri sebesar Rp100 juta, tapi tahun ini dana itu sudah tidak ada lagi. Jadi kami tidak dapat bergerak lagi kecuali bergabung dengan Satpol PP," kata Chairani. (syi)
Penulis: