Daerah

Ini Jumlah PDP Covid-19 di Rokan Hilir

Budi Budi
Ini Jumlah PDP Covid-19 di Rokan Hilir
Istimewa.
Rokan Hilir


Bagan Siapiapi - Pasien Dalam Pantauan (PDP) convid-19 di Rokan Hilir (Rohil) per- Senin (30/3/2020) sudah 2 orang, sedangkan 2 orang PDP tersebut adalah rujukan dari Pujud dan Simpang Kanan yang kini telah dirawat di RSUD dr Pratomo Bagan Siapiapi.


Berdasarkan data yang diperoleh dari 20 unit pelayanan kesehatan yang melaporkan pembaharuan orang dalam pemantauan (ODP) ke Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), wilayah Puskesmas Balai Jaya masih yang tertinggi ODP yakni 264 orang yang kemaren sebanyak 223 orang.


Kemudian disusul wilayah Puskesmas Panipahan sebanyak 177 dan Puskesmas Bagan Batu sebanyak 118 orang yang beda satu orang saja dengan wilayah Puskesmas Bortrem sebanyak 117 orang.


ODP Wilayah Panipahan sudah berkurang dari kemarin karena sudah bebas dari ODP sebanyak 5 orang. Sedangkan wilayah Puskesmas Bagan Batu melonjak naik dimana kemarin hanya sebanyak 77 ODP.


"Banyaknya adik-adik kita yang pulang dari daerah terjangkit Covid-19 membuat angka ODP bertambah yang saat ini jumlah ODP di Rohil sebanyak 1421 orang," beber H Ahmad Yusuf yang disampaikannya di ruang media centre tanggap Covid-19 Gugus Tugas Rokan Hilir (Rohil) Jalan Perwira No.1 Bagansiapiapi didampingi Plt Kadiskominfotiks H Hermanto S.Sos, Senin (30/3/2020).


Diungkapkan, jumlah ODP berdasarkan wilayah Puskesmas yakni, Puskesmas Bagan Siapiapi 63 ODP (bertambah 9 orang dari kemarin), Puskesmas Bagan Punak 50 ODP (bertambah 15 dari kemarin), Puskesmas Sinaboi 34 ODP(sama dengan kemarin, red), Puskesmas Pedamaran 28 ODP (bertambah 16 dari kemarin), Puskesmas Bantaian 23 ODP (bertambah 4 dari kemarin), Puskesmas Rimba Melintang 52 ODP(sama dengan kemarin), Puskesmas Bangko Kanan 111 ODP(bertambah 1), Puskesmas Bangko Jaya 44 ODP (bertambah 21 dari kemaren), Puskesmas Tanah Putih 12 (berkurang 1 karena telah bebas dari masa pantauan), Puskesmas Sedinginan 53 ODP (bertambah 15 dari kemarin).


Lanjutnya, Puskesmas Tanjung Medan 17 ODP (bertambah 8 dari kemarin), Puskesmas Pujud 49 (sama dengan kemarin karena satu orang PDP dirujuk), Puskesmas Rantau Kopar 11 ODP(masih sama dengan kemarin), Puskesmas Balai Jaya 264 ODP (bertambah 41 dari kemarin), Puskesmas Bagan Batu 118 ODP (bertambah 41 dari kemarin), Puskesmas Bortrem 117 ODP (bertambah 41 dari kemarin), Puskesmas Simpang Kanan 28 ODP(bertambah 6 dari kemarin), Puskesmas Rantau Panjang Kiri 62 ODP (bertambah 35 dari kemarin), Puskesmas Teluk Merbau 108 ODP (bertambah 24 dari kemarin) dan Puskesmas Panipahan 177 ODP (berkurang 4 dari kemarin).


"Untuk yang berstatus PDP saat ini di rawat di RSUD dr Pratomo Bagan Siapiapi menjadi 2 orang, dimana kemarin hanya 1 orang. Untuk kondisi saat ini satu diantaranya, kondisinya sangat baik, harapan kita sangat besar, namun karena statusnya PDP tetap dirawat selama 14 hari. Sedangkan satunya lagi menimbulkan gejala pneumonia ringan berdasarkan hasil dokter spesialis yang menangani sehingga perlu pengawasan khusus dan hari ini Insha Allah pemeriksaan laboratorium dilakukan dan dikirim ke Pekanbaru dan langsung ke Jakarta. Biasanya lima sampai tujuh hari hasilnya akan dapat kita terima kembali," ungkapnya.


Dijelaskan, melonjaknya data ini karena banyaknya warga Rokan Hilir yang pulang kampung dari daerah-daerah terjangkit yang akhirnya terjadi transmisi lokal.


"Jangan panik, dan saat ini jangan melakukan piknik, artinya kami berpesan stay at home, selalulah berada di rumah, lakukan langkah-langkah yang telah disosialisasikan melalui media," ujarnya


Ia berharap semua selalu bersinergi dalam mempercepat penurunan angka dengan penanganan terhadap Covid-19.


Lanjutnya mengatakan, beberapa upaya tetap dilakukan sehingga ODP sampai saat ini dalam kondisi aman.


"Kenapa kita bilang begini, karena ODP selalu komunikasi dengan petugas hingga saat ini belum menunjukkan gejala yang berarti. Jelasnya kita harus tenang bukan berarti senang namun selalu waspada," pungkasnya.(Budiman)

Penulis: Admin

Editor: Admin