Daerah

Pastikan Pelayanan Angkutan Umum, Anggota DPRD Pekanbaru Ini Berkeliling Kota Naik Oplet


Pastikan Pelayanan Angkutan Umum, Anggota DPRD Pekanbaru Ini Berkeliling Kota Naik Oplet
Riki
Sekertaris Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru Ali Suseno saat menaiki angkutan umum di Kota Pekanbaru
PEKANBARU, PESISIRNEWS.COM - Untuk memastikan kondisi pelayanan angkutan umum yang saat ini beroperasi di Kota Pekanbaru, Sekertaris Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru Ali Suseno, melakukan pengecekan langsung di lapangan.

Ali menyewa salah satu angkutan umum jenis oplet dan mengajak beberapa wartawan untuk berkeliling kota, supaya sama-sama melihat situasi pelayanan angkot sebenarnya.

"Saya tidak mau kita hanya berbicara tapi tidak tahu situasi sebenarnya. Sekarangkan jelas bagaimana bentuk armada dan situasi seperti apa. Memang benar beberapa angkutan umum saat ini butuh peremajaan karena sudah tua," ujarnya kepada pesisirnews.com yang turut diundang naik angkot keliling kota Pekanbaru, Selasa (5/1/2016).

Dijelaskan Ali, sesuai aturan sebenarnya, usia armada angkutan kota maksimal mencapai 10 tahun. Artinya, armada angkutan kota tersebut harus sudah dilakukan peremajaan dengan jenis armada yang baru.

Hanya saja, menurut Politisi Hanura ini, peremajaan armada angkutan kota sekarang ini cukup berat dilakukan. Selain karena kondisi penumpang angkutan umum yang minim dan pendapatan sopir yang pas-pasan, juga karena mahalnya harga mobil untuk angkutan kota yang sulit terjangkau.

"Terutama bagi pemilik armada angkutan kota perseorangan, yang kecil kemungkinan mereka hanya bisa berharap selamanya dengan yang ada saja," tuturnya.

Memang seharusnya, masalah  ini menjadi perhatian pemerintah untuk bisa bekerjasama membantu para pengusaha angkutan umum yang kebanyakan hanya memiliki modal kecil.

"Mungkin nanti saya bisa coba diskusikan ke Komisi IV yang bermitra dengan Dishub, bagaimana langkah sebaiknya yang kita lakukan, guna membuat situasi transportasi umum di Pekanbaru menjadi layak," pungkasnya. (Rik)
Penulis: