Daerah

Bupati Inhil HM. Wardan Hadiri Peresmian Pabrik PT. Matras Busabut Gemilang (MBG) di Inhu

Anjar Anjar
Bupati Inhil HM. Wardan Hadiri Peresmian Pabrik PT. Matras Busabut Gemilang (MBG) di Inhu

SIBERIDA, Pesisirnews.com - Bupati Indragiri Hilir (Inhil) Drs. HM Wardan MP menghadiri peresmian Pabrik PT. Matras Busabut Gemilang (MBG) di Jl. Lintas Timur Dusun Berapit Kelurahan Pangkalan Kasai Kecamatan Siberida Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Jumat (22/10/2021).

Turut mendampingi Bupati pada kesempatan, Sekretaris Daerah (Sekda) Inhil Drs. H. Afrizal MP, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Drs. H. Mukhtar T, MH, CEO PT. Cahaya Buana Group (CBG) Dr. (HC) Simarba Atong Tjia, unsur Forkopimda Inhil, serta beberapa Pejabat Eselon di lingkungan Pemerintah Kabupaten Inhil, dan juga turut dihadiri Bupati Inhu yang diwakili oleh PLT Asisten Perekonomian Inhu.

Dalam sambutannya, CEO PT. CBG Simarba Atong Tjia mengatakan peresmian Pabrik Baru PT. MBG ini melambangkan realisasi awal dalam beberapa tahap yang diawali dari himbauan Bapak Bupati HM Wardan dan Masyarakat Inhil untuk membangun kampung halaman, dengan memanfaatkan limbah sabut kelapa menjadi sebuah kasur yang bernilai tambah.

Selain itu, juga untuk meningkatkan harga minyak kelapa sawit menjadi palm oil polyol (POP) salah satu bahan pendamping PPG.

"Dengan harapan usaha-usaha ini akan memberikan kontribusi dan berdampak positif, khususnya bagi Masyarakat Inhil dan Inhu dalam membuka lapangan kerja, membuka peluang bagi generasi muda untuk memiliki jiwa entrepreneur, dan membantu menyediakan fasilitas bagi para akademisi untuk melakukan penelitian dan praktek kerja,” jelas CEO PT. CBG, Simarba Atong Tjia.

Hal senada disampaikan Bupati Inhil HM Wardan, dengan diresmikannya PT MBG ini, tentunya akan memberikan dampak positif, bagi kemajuan dan kesejahteraan Masyarakat terutama bagi dua Kabupaten ini, dengan cara menampung dan mengolah limbah sabut kelapa Masyarakat menjadi berbagai produk furnitur unggulan.

Apalagi saat ini CBG sedang melakukan inovasi, mempersiapkan produk baru yakni matras busa sabut kelapa atau coconut fiber rebounded board (co2fbr).

Produk ini merupakan hasil pengembangan produk baru, bekerja sama dengan menggandeng berbagai pihak, salah satunya pemerintah kabupaten indragiri hilir. Tambah Bupati HM Wardan

"Untuk itu kami menyampaikan terima kasih kepada Owner CBG, Simarba Atong Tjia yang merupakan Putera asal Pulau Kjang Kecamatan Reteh Kabupaten Inhil, bersama segenap jajaran manajemen, atas kerjasama ini,” ujar Bupati.

Dalam acara ini juga dilaksanakan peresmian simbolis dengan pembukaan selubung merah Plang Nama Busawit oleh CEO PT. CBG Simarba Atong Tjia bersama Bupati HM. Wardan. Dilanjutkan denga penyerahan Plakat, pelepasan balon, dan di akhiri dengan peninjauan langsung proses pengolahan Pabrik PT. MBG. (PNC/Prokopim Inhil)

Penulis: Anjar

Editor: Anjar