Daerah

Camat Pulau Burung: Dengan INVEST Pengurusan Surat Tanah Jadi Semakin Mudah


Camat Pulau Burung: Dengan INVEST Pengurusan Surat Tanah Jadi Semakin Mudah

PULAU BURUNG, Pesisirnews.com - Pemerintah Kecamatan Pulau Burung, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau meluncur program Inovasi Pengurusan Surat Tanah (INVEST).

Produk inovasi tersebut mempermudah masyarakat Pulau Burung mengurus surat tanah dengan pola layanan secara online serta pengarsipan secara digital.

"Ini sebuah terobosan dan inovasi, pengurusan dokumen surat tanah secara digital sehingga pelayanan menjadi lebih efisien, efektif, transparan, dan bebas pungli," kata Camat Pulau Burung, Syafruddin KH, SE, Jumat (27/8).

Dikatakan Syafruddin, peluncuran INVEST didasarkan atas banyaknya terjadi sengketa tanah dan banyaknya terjadi praktek pungutan liar dalam pengurusan surat tanah di Kecamatan Pulau Burung.

Selain itu juga, sering berserakan arsip-arsip yang berhubungan dengan surat tanah masyarakat yang dapat berakibat terjadinya kasus sengketa berupa pengakuan beberapa orang terhadap kepemilikan sebuah tanah.

"Semoga inovasi ini mampu mempermudah pembuatan surat tanah dan menghindari sengketa tanah di Kecamatan Pulau Burung," harapnya.

Untuk diketahui, dalam pelaksanaan INVEST tersebut, Tim pelaksanan inovasi berjumlah 38 orang yang di ketua oleh Camat Pulau Burung, Sekretaris Camat, Kepala Seksi di Kecamatan, Para Kepala Desa dan Perangkat Desa.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar