Daerah

Revitalisasi Terminal Tipe A di Kota Banjar Pengerjaannya Sudah Mencapai 47 Persen

Anjar Anjar
Revitalisasi Terminal Tipe A di Kota Banjar Pengerjaannya Sudah Mencapai 47 Persen

BANJAR, Pesisirnews.com - Revitalisasi Terminal tipe A di Kota Banjar yang dibangun sejak tahun 2020, direncanakan selesai pertengahan tahun 2022 dengan anggaran sekitar 64 milyar rupiah, saat ini pengerjaannya sudah mencapai 47 persen.

Pembangunan yang memakan waktu yang panjang dan biaya yang besar tentunya membutuhkan banyak tenaga kerja.

Hal tersebut mendorong pihak BPTD Wilayah IX Provinsi Jawa Barat yang mendapatkan alokasi untuk menyelesaikan pekerjaan revitalisasi Terminal Tipe A, untuk mengikutsertakan tenaga kerja setempat melalui program padat karya.

Kegiatan padat karya tersebut cukup banyak melibatkan pekerja lokal yang tidak membutuhkan keahlian khusus.

Seperti yang disampaikan oleh Kepala BPTD Wilayah IX Provinsi Jawa Barat Denny Michels Adlan, bahwa target pelaksanaan padat karya dengan tenaga-tenaga lokal sebanyak 45 orang perhari selama 90 hari atau dengan total 4.050 orang hari.

“Kami menyelaraskan program pemerintah dalam rangka pemulihan nasional, dan tentunya semoga ini bisa membantu masyarakat sekitar dan pastinya bisa berdampak secara langsung.Dan ke depannya diharapkan juga setelah selesainya revitalisasi terminal ini ada pusat keramaian baru atau ikon baru, yang bisa menggairahkan dan menyadarkan masyarakat untuk menggunakan transportasi umum,” ucapnya.

Hal senada disampaikan oleh Sekdirjenhubdat, Marta Hardi Sarwono dalam sambutannya bahwa sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia nomor 73 Tahun 2018 tentang Tata Cara Penyelenggaraan Program Padat Karya di lingkungan Kementerian Perhubungan, bahwa dalam pelaksanaan kegiatan diharapkan dapat mengikutsertakan pekerja setempat.

“Jadi tujuan dari kegiatan padat karya ini adalah untuk meningkatkan kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat di tengah kebijakan tanggap darurat pandemi,” ujarnya.

Marta Hardi menambahkan kedepannya Pemkot bisa memanfaatkan fasilitas di terminal tersebut. Bisa membentuk ekosistem perekonomian di dalam fungsi terminal.

“Nantinya pelayanan terminal bisa optimal dan pelayanan masyarakat juga bisa memanfaatkan fasilitas pendukung yang ada di Kota Banjar. Bisa dengan membuka foodcourt atau pelayanan publik lainnya, misalnya perbankan ataupun klinik 24 jam,” imbuhnya.

Sementara itu Walikota Banjar Ade Uu Sukaesih mengapresiasi Kementerian Perhubungan atas revitalisasi Terminal Tipe A di Kota Banjar.

“Saya sangat berterimakasih atas pembangunan terminal ini yang sudah mencapai hampir 40 persen ini, ini sangat luar biasa. Berpikirnya visi 50 tahun ke depan. InsyaAllah ini tidak akan diubah-ubah lagi, sudah permanen. Diharapkan ke depan, angkutan trasportasi yang ada yang terlewati dari utara ke Jawa Tengah atau ke Pangandaran bisa stay di sini. Dan ini harapan bagi Kota Banjar, dimana ikon terminal ini bisa meningkatkan daya beli dan ekonomi masyarakat. Dan tentunya ini tergantung masyarakat untuk bisa memanfaatkan terminal ini,” ujar Walikota. (Lies)

Penulis: Lies

Penulis: Anjar

Editor: Anjar