International

Selangkah Lagi Korea Selatan Akan Miliki Kapal Induk Pertama

Anjar Anjar
Selangkah Lagi Korea Selatan Akan Miliki Kapal Induk Pertama

Ilustrasi; CVX, Kapal Induk pertama buatan Korsel. (Courtesy of Republic of Korea Navy)

Pesisirnews.com - Hyundai Heavy Industries (HHI) dan Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering (DSME) bersaing ketat untuk memenangkan tender senilai 2 triliun won ($ 1,7 miliar atau sekitar 24 triliun rupiah) untuk membangun kapal induk pertama Korea Selatan (Korsel), yang dikenal sebagai CVX.

Dilansir dari Korea Times, Minggu (24/10), besarnya proyek kapal induk pertama untuk dua pembuat kapal dapat menyebabkan kesepakatan tambahan untuk kapal besar seperti itu baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Menurut sumber kementerian pertahanan diharapkan mulai menerima tawaran untuk desain awal CVX pada awal tahun depan. Proyek ini bernilai 3 triliun won dengan konstruksi terhitung lebih dari 2 triliun won.

Kapal tersebut akan berbobot 30.000 ton dengan panjang 260 m dan lebar 40 m. Ukuran itu akan membuat kapal induk mampu mengangkut 12 F-35B dan delapan helikopter serang. Kapal dapat membawa hingga 16 jet tempur dengan mengurangi jumlah helikopter.

Jika Majelis Nasional meloloskan anggaran untuk CVX pada akhir tahun ini, desain awal akan memakan waktu sekitar dua hingga tiga tahun untuk diselesaikan, sementara konstruksi akan memakan waktu lima hingga tujuh tahun.

Pada Oktober 2019, HHI ditugaskan untuk memberikan desain konseptual untuk kapal, yang selesai pada Desember tahun lalu. Dimulainya penawaran awal secara resmi akan menandai peluncuran proyek CVX.

Halaman :
Penulis: Anjar

Editor: Anjar