Kesehatan

Penting Diketahui: Mengenal Semua Jenis Varian Baru Virus Corona

Anjar Anjar
Penting Diketahui: Mengenal Semua Jenis Varian Baru Virus Corona

Ilustrasi: Varian baru virus corona. (GOV.UK)

“Kekhawatiran terhadap varian baru virus corona yakni; terjadinya peningkatan penularan, menimbulkan penyakit yang lebih parah, peningkatan rawat inap atau kematian, pengurangan signifikan dalam netralisasi oleh antibodi yang dihasilkan selama infeksi atau vaksinasi sebelumnya, pengurangan efektivitas pengobatan atau vaksin, dan kegagalan deteksi diagnostik” (CDC)

Pesisirnews.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah memperingatkan negara-negara di dunia agar waspada terhadap kemunculan berbagai varian baru virus corona.

Sedangkan menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), Amerika Serikat (AS), varian baru virus corona diperkirakan akan bermunculan.

"Virus terus berubah melalui mutasi, dan varian virus baru diperkirakan akan muncul," demikian disampaikan di situs CDC.

"Terkadang varian baru muncul dan menghilang. Di lain waktu, varian baru bertahan. Banyak varian virus penyebab Covid-19 sedang dilacak di AS, dan secara global selama pandemi ini,” ungkap CDC.

Menurut CDC, beberapa varian tampaknya menyebar lebih mudah dan cepat daripada yang lain, yang dapat menyebabkan lebih banyak kasus Covid-19.

Di AS dan di seluruh dunia, saat ini ada empat varian yang menjadi perhatian CDC dan WHO.

Halaman :
Penulis: Anjar

Editor: Anjar