Kesehatan

Thailand Kembangkan Dua vaksin Covid-19 Model Semprotan Hidung yang Akan Uji Coba Akhir Tahun Ini


Thailand Kembangkan Dua vaksin Covid-19 Model Semprotan Hidung yang Akan Uji Coba Akhir Tahun Ini

Ilustrasi: Vaksin Covid-19 yang diberikan lewat hidung. (ANTARA/Shutterstock)

BANGKOK, Pesisirnews.com - Negara-negara di seluruh dunia sedang mengembangkan vaksin semprotan hidung untuk membantu mencegah dan mengobati COVID-19. Lapisan hidung diidentifikasi sebagai titik masuk utama bagi virus.

Program vaksinasi Thailand sejauh ini bergantung pada vaksin Sinovac China, AstraZeneca dan Sinopharm. Vaksin Pfizer/BioNTech sedang diberikan sebagai dosis penguat untuk petugas medis di lini terdepan yang menerima dua dosis Sinovac.

Dua vaksin COVID-19 model semprotan hidung yang sedang dikembangkan di Thailand akan mulai diujicobakan pada manusia akhir tahun 2021, setelah uji coba pada tikus menunjukkan hasil yang menjanjikan, kata pejabat pemerintah, Rabu (11/8).

Dikembangkan oleh Pusat Nasional untuk Rekayasa Genetika dan Bioteknologi, vaksin tersebut berbasis adenovirus dan influenza, kata wakil juru bicara pemerintah Ratchada Thanadirek.

Vaksin dalam negeri Thailand lainnya, vaksin mRNA buatan Universitas Chulalongkorn dan virus inaktif yang dikembangkan oleh Universitas Mahidol, rencananya akan memulai uji coba tahap dua pada manusia Agustus ini.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar