Nasional

Strategi Tim SAR Evakuasi Mahasiswa Jatuh di Kawah Merapi


Strategi Tim SAR Evakuasi Mahasiswa Jatuh di Kawah Merapi
DIY, PESISIRNEWS.COM - Pencarian pendaki, Eri Yunanto (21) seorang mahasiswa Teknik Industri Universitas Atma Jaya Yogyakarta, yang terpeleset di kawah Gunung Merapi pada Sabtu (16/5/2015), pukul 11.00 WIB terus dilakukan oleh tim SAR gabungan.

BPBD Kabupaten Boyolali dan Balai Taman Nasional Gunung Merapi mengkoordinir 150 personil tim SAR gabungan dari TRC BPBD Boyolali, SAR Boyolali, SAR Klaten, SAR DIY, Mapala, Taman Nasional G. Merapi, relawan dan lainnya.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan sebanyak tiga tim SRU (Search Rescue Unit) sudah berada di bibir kawah Gunung Merapi sejak Minggu pagi. Tim SRU bertugas merintis jalur dan memasang tali ke bawah.

Diduga, korban berada pada kedalaman sekitar 300 meter dari bibir kawah sehingga evakuasi dengan menggunakan teknik vertical rescuer.

"Tim SRU saat ini sudah berada pada kedalaman 50 meter dari bibir kawah," kata Sutopo dalam keterangan resminya, Minggu (17/5/2015).

Meski medan yang dihadapi berat, namun sebanyak 12 tim SRU sudah dapat dikerahkan yaitu enam orang berada di bibir kawah untuk memegang tali (sebagai anchor), dan enam orang sepanjang jalur tali. Pergantian personel di bagian atas dikoordinir dari poskodal Selo.

Rencananya, Tim SAR yang sudah berada di kawah Merapi bermalam di tempat itu untuk melanjutkan evakuasi besok pagi. Namun mengingat angin kencang di puncak kawah Merapi maka tim SAR menginap 200 meter dari puncak Merapi ke arah Pasar Bubrah BPBD Boyolali memenuhi kebutuhan logistik bagi tim SAR.

"Rekomendasi dari Badan Geologi agar evakuasi dan pemasangan alat di jalur harus dilakukan sebelum jam 12.00 siang, karena sinar matahari berpengaruh terhadap gas beracun. Suhu di kawah sekitar 160-420 derajat celsius," ujar dia.

Eri Yunanto dikabarkan terperosok ke kawah Gunung merapi. Erri diperkirakan jatuh di kedalaman 100 hingga 200 meter pada pukul 11.00 WIB, Sabtu kemarin.

Eri belum bisa dievakuasi karena sulitnya medan. Adapun kawah tempat terpelesetnya pendaki diperkirakan memiliki kedalaman hingga 200 meter dengan kandungan sulfur tinggi.



Sumber: Viva.co.id
Penulis: