Nasional

Hari Ini 4 Tokoh Akan Terima Gelar Pahlawan Nasional, Ini Nama dan Daerah Asalnya


Hari Ini 4 Tokoh Akan Terima Gelar Pahlawan Nasional, Ini Nama dan Daerah Asalnya

4 Tokoh terima gelar Pahlawan Nasional. (Sumber: Indonesiabaik.id)

JAKARTA, Pesisirnews.com - Mahfud MD baru-baru ini mengumumkan empat tokoh yang akan dianugerahi gelar Pahlawan Nasional hari ini, Rabu 10 November 2021.

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan sekaligus Ketua Dewan Gelar dan Tanda Kehormatan itu mengatakan penganugerahan Pahlawan Nasional tersebut dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November tahun ini.

Mahfud menjelaskan empat tokoh tersebut yakni (Alm) Tombolututu, (Alm) Sultan Aji Muhammad Idris, (Alm) H Usmar Ismail, dan (Alm) Raden Arya Wangsakara.

Menurut Mahfud keempat tokoh tersebut merupakan pejuang yang menginspirasi untuk membangun Indonesia yang merdeka dan berdaulat.

Serta ikut berjuang untuk memajukan Indonesia sehingga kemerdekaan menjadi lebih bermakna bagi bangsa dan negara.

Pemilihan keempat tokoh tersebut, jelas Mahfud, telah melalui sejumlah pertimbangan yakni ketokohan dan juga pemerataan kedaerahan.

Pasalnya, dua di antara daerah asal para tokoh tersebut belum memiliki Pahlawan Nasional sampai saat ini yakni Sulawesi Tengah dan Kalimantan Timur.

“Itu pahlawan nasional yang dianugerahkan secara resmi kepada keluarga para almarhum di Istana Bogor kalau tidak berubah pada Hari Pahlawan tanggal 10 November,” kata Mahfud saat konferensi pers di kanal Youtube Kemenko Polhukam RI, Rabu (10/11/2021).

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar