Nasional

Kemendikbud Ristek Rencanakan Salurkan Bantuan Uang Kuliah Rp 2,4 Juta September Mendatang

Anjar Anjar
Kemendikbud Ristek Rencanakan Salurkan Bantuan Uang Kuliah Rp 2,4 Juta September Mendatang

Ilustrasi: Mahasiswa direncanakan terima bantuan uang kuliah September mendatang.  (Foto via Okezone)

JAKARTA, Pesisirnews.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) akan mulai menyalurkan bantuan Uang Kuliah Tunggal UKT) bagi mahasiswa yang terdampak pandemi Covid-19 senilai total Rp 745 miliar.

Rencananya, bantuan uang kuliah bagi mahasiswa akan diberikan pada September 2021.

Mendikbud Arsitek, Nadiem Makarim menuturkan jika bantuan UKT diberikan at cost atau sesuai besaran UKT, senilai maksimal Rp 2,4 juta per mahasiswa.

“Jenis bantuan kedua yang kami lanjutkan mendengar banyak sekali keluhan mahasiswa karena dampak ekonomi dari Covid-19 ini, kami merespons dengan melanjutkan bantuan UKT,” kata dia dalam konferensi pers pada Rabu (4/8/2021).

Jika UKT lebih besar dari Rp 2,4 juta, selisih UKT dengan Rp 2,4 juta menjadi kebijakan perguruan tinggi yang disesuaikan kondisi mahasiswa.

“Sasaran bantuan UKT ini adalah mahasiswa yang sedang aktif kuliah, bukan penerima bantuan lainnya seperti KIP Kuliah atau Bidikmisi, itu berarti sudah dibantu, dan kondisi keuangannya memerlukan bantuan UKT pada semester ganjil tahun 2021,” tutur Nadiem.

Mekanisme pendataan penerima bantuan uang kuliah atau UKT terdiri dari dua tahap. Pertama, mahasiswa yang memerlukan bantuan UKT mendaftarkan diri ke pimpinan perguruan tinggi. Kedua, pimpinan perguruan tinggi mengajukan penerima bantuan UKT ke Kemendikbud Ristek.

“Bantuan UKT akan disalurkan Kemendikbud Ristek langsung ke perguruan tinggi masing-masing,” jelas Nadiem.

Halaman :
Penulis: Anjar

Editor: Anjar

mgid.com, 340009, DIRECT, d4c29acad76ce94f
loading...
loading...