Nasional

Segera Dibuka Pendaftaran Pasukan Komcad Matra Laut, yang Tertarik Segera Siapkan Diri Anda!


Segera Dibuka Pendaftaran Pasukan Komcad Matra Laut, yang Tertarik Segera Siapkan Diri Anda!

Ilustrasi: Pasukan Komponen Cadangan (Komcad). (Dok. Kementerian Pertahanan)

Pesisirnews.com - Pasukan Komponen Cadangan (Komcad) adalah sejumlah sumber daya nasional yang disiapkan untuk menjalankan tugas negara melalui mobilisasi guna memperkuat kekuatan dan kemampuan komponen utama pertahanan negara, yakni Tentara Nasional Indonesia (TNI).

TNI sebagai komponen utama selalu siaga, tetapi perlu didukung oleh Komponen Cadangan dan komponen pendukung.

Itulah sistem pertahanan kita yang bersifat semesta, sistem pertahanan keamanan rakyat semesta, yang melibatkan seluruh warga negara, wilayah, dan sumber daya nasional lainnya untuk mempertahankan kedaulatan negara dan keutuhan wilayah NKRI, keselamatan bangsa dan rakyat Indonesia.

Sehubungan dengan hal itu, TNI Angkatan Laut yang mendapatkan jatah sekitar 500 kuota untuk merekrut pasukan Komcad pada periode 2022 dan akan membuka pendaftaran pasukan Komponen Cadangan atau Komcad untuk matra laut.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono mengatakan, dari kuota yang tersedia, pihaknya mencari calon personel komcad yang diproyeksikan bisa mengawaki alat utama sistem persenjataan (alutsista) seperti kapal perang dan pesawat udara.

"Kalau komponen (komcad) angkatan laut tidak lepas dari pengawakan alutsista. Sehingga, komponen cadangannya kita cari para personel-personel yang bisa mengawaki alutsista baik kapal maupun (pesawat) udara," ujar Yudo dikutip dari SURYA.co.id, Minggu (30/1), yang melansir Kompas.com.

Yudo menjelaskan, masyarakat yang ingin bergabung ke dalam komcad matra laut bisa mendatangi langsung ke Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal).

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar