Jadwal Kampanye di Batasi Hingga 5 Desember 2015

Selasa, 01 September 2015 08:04 WIB
foto : net
Ilustrasi Kampanye

DUMAI, PESISIRNEWS.COM Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Dumai membatasi jadwal kampanye bagi Calon Walikota dan Wakil Walikota Dumai pada Pilkada Dumai 2015 hingga 5 Desember mendatang atau sekitar 105 hari.

" Jadwal kampanye bagi calon walikota dan wakil walikota Dumai pada Pilkada Dumai 2015 dibatasi hingga 5 Desember 2015," ujar Ketua KPU Kota Dumai Darwis, usai membuka Karnaval Kampanye Damai dikantor KPU Jalan HR Soebrantas Dumai belum lama ini.

Lanjutnya, jadwal kampanye yang ditetapkan KPU sudah disepakati oleh masing-masing perwakilan calon walikota dan wakil walikota Dumai pada Selasa (25/08) lalu usai pencabutan nomor urut masing-masing kandidat.

" Untuk itu kami berharap masing-masing calon mentaati jadwal dan aturan kampanye yang sudah disepakati bersama-sama," harapnya.

Masih kata Darwis, Karnaval Kampanye Damai pada Kamis (27/08) merupakan hari pertama kampanye yang diselenggarakan oleh KPU diikuti lima kandidat yaitu Muhammad Ikhsan dan Yanti Komala Sari, Zulkifli AS dan Eko Suharjo, Amris dan Sakti, Abdul Kasim dan Nuraini serta Agus Widayat dan Maman Sufriadi.

" Melalui kesempatan itu masing-masing calon diberi kesempatan untuk memperkenalkan diri kepada masyarakat secara bersama-sama," imbuhnya.

Terakhir, Darwis berpesan agar seluruh kandidat dan partai pengusung berkomitmen mentaati deklarasi damai yang telah dibacakan dan ditandatangani oleh seluruh calon walikota dan wakil walikota Dumai, yaitu berkomitmen untuk melaksanakan kampanye damai serta mengikuti proses pemilu secara sehat tidak saling menjatuhkan, tidak ada kampanye hitam, semua itu untuk menjaga kamtibmas dalam rangka mensukseskan Pilkada Dumai 2015.

Sementara, Komisioner KPU Dumai, Robby Aslam menambahkan ada beberapa jenis kampanye yang akan dilaksanakan masing-masing calon dalam Pilkada tahun ini, diantaranya kampanye dialogis dan kampanye terbuka.

" Jadwal kampanye terbuka dan dialogis sudah kami tetapkan bersama seluruh tim dari masing-masing calon walikota dan wakil walikota Dumai agar kampanye yang dilakukan masing-masing calon tidak bentrok," urainya.

Dan dari hasil kesepakatan tersebut masing-masing calon tidak boleh mengajukan kampanye dihari yang sama, hal ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan seperti terjadinya bentrok antar pendukung dari masing-masing pasangan calon walikota dan wakil walikota Dumai 2015.

Masih kata Robby Aslam, untuk kampanye terbuka masing-masing calon dibatasi satu kali, sedangkan kampanye dialogis ditaksir maksimal 20 kali hingga 5 Desember 2015.

Selain itu masing-masing calon tidak dipernolehkan memasang baleho atau umbul-umbul atau Alat peraga Kampanye (APK) lainnya dijalan-jalan protokol dan tempat lainnya kecuali di posko, dan pemasangan APK diposko harus mendapat persetujuan KPU dan dipasang sesuai dengan aturan yang berlaku yaitu berdasarkan PKPU 2015.

Lanjutnya, sebab untuk APK sudah difasilitasi oleh KPU dan KPU yang akan mengaplikasikannya sebagai upaya mensosialisasikan kepada masyarakat.

" Untuk itu kami berharap masing-masing calon agar mentaati aturan yang berlaku sesuai dengan PKPU 2015," harapnya. (CP)

Loading...
Tags

Berita Terkait

Komentar

Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.

FB Comments