Pemerintahan

Ketua Dekranasda Inhil Melihat Langsung Proses Pembuatan Kain Songket


Ketua Dekranasda Inhil Melihat Langsung Proses Pembuatan Kain Songket
aziz
Ketua DEKRANASDA Inhil Melihat sonket Hasil Tenun Asli Inhil.
TEMBILAHAN, PESISIRNEWS.COM – Ibu Ketua Dewan Kerajinan Nasional  (Dekranasda) Hj Zulaikhah Wardan S Sos ME, didampingi Kadis Perindag Drs Pahrolrozy MM, melihat secara langsung Proses  pembuatan Kain songket hasil dari tenunan Inhil. Jum'at (11/12)

Untuk menunjang pembuatan kain songket Dekranasda melaksanakan pelatihan menenun pembuatan Kain songket selama Tujuh hari, mulai tanggal 11 Desember dan berakhir tanggal 17 Desember 2015 yang bertempat di Gedung Dekranasda Inhil dengan mendatangkan pelatih dari Kuala Enok.

Ketua Dekranasda saat diwawancarai para wartawan usai meninjau pembuatan kain songket tersebut mengatakan, adapun maksud dan tujuan dari pelaksnanaan menenun ini untuk meningkatkan kreatifitas tenaga pengrajin, yang mana pada saat ini Dekranasda Inhil baru memiliki Empat orang, jumlah ini sangat terbatas dari segi tenaga dan kemampuan.

"kita terus meningkatkan pengetahuan dan kualitas untuk kreatifitas menenun ini dengan mendatangkan pelatih. Di samping itu kita juga akan menambah tenaga pengrajin kita dalam rangka memenuhi permintaan dari masyarakat, karena dengan pengrajin yang ada saat ini masih sangat kurang  kita rasakan, " ungkapnya

Lanjutnya, setiap tahun kita terus tingkatkan jumlah maupun kualitas dari pada pengrajin ini untuk itu Dekranasda akan bekerajasama dengan Disperindag.
Terakhir, kami akan mempromosikan langsung dengan cara memakai bahan dari hasil tenun dalam bentuk baju, beliau menyampaikan dalam proses mempromosikan kepada masyarakat hasil tenun yang di buat di melalui SKPD yang ada di lingkungan Pemkab Inhil untuk menggunakan tenun hasil dari daerah kita sendiri. 

Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Inhil Drs Fahrulrozy MM mengatakan, Semua hasil kerajinan apapun itu yang kita ciptakan di Kabupaten Inhil harus dipatenkan dan Dekrasda sebagai mitra dari Disperindag kita akan menciptakan Dekranasda sebagai pusat oleh-oleh Kabupaten Inhil.

Cari berita terkait lainnya. Silahkan Klik DISINI / DISINI


 (ziz)
Penulis: