Peristiwa

Dua Harimau Sumatera Terpapar Covid-19 di Taman Margasatwa Ragunan

Anjar Anjar
Dua Harimau Sumatera Terpapar Covid-19 di Taman Margasatwa Ragunan

Harima Sumatra di TM Ragunan. (Foto: ANTARA/Dhemas Reviyanto) 

JAKARTA, Pesisirnews.com - Dua Harimau Sumatera penghuni Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Hari dan Tino didiagnosis positif Covid-19 pada 15 Juli lalu.

Informasi ini awalnya disampaikan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan lewat Instagram, Minggu (1/8/2021).

Gejala awal 2 Harimau Sumatera terpapar Covid-19

Pada 9 Juli, salah satu harimau Sumatra bernama Tino yang berusia 9 tahun mengalami sakit dengan gejala klinis sesak nafas, bersin, keluar lendir dari hidung, dan penurunan nafsu makan. Kemudian, selang dua hari, satu harimau Sumatra lainnya bernama Hari yang berusia 12 tahun terpantau kondisi kesehatannya juga menurun dengan menunjukkan gejala klinis yang sama dengan harimau Tino.

Harimau jalani Swab PCR

"Pada tanggal 14 Juli, kami lakukan pengambilan sampel dengan di-swab kemudian dikirim ke laboratorium Pusat Studi Satwa Primata, IPB Bogor. Lalu, hasilnya keluar tanggal 15 Juli yang menyatakan bahwa kedua satwa tersebut terpapar COVID-19," kata Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Distamhut) Provinsi DKI Jakarta, Suzi Marsitawati.

Kedua satwa itu segera diberikan pengobatan, di antaranya pemberian antibiotik, antihistamin, antiradang, dan multivitamin setiap hari.

Halaman :
Penulis: Anjar

Editor: Anjar

mgid.com, 340009, DIRECT, d4c29acad76ce94f
loading...
loading...