Peristiwa

Ini yang Dilakukan Para Pendiri Bangsa Sehari Setelah Indonesia Menyatakan Merdeka


Ini yang Dilakukan Para Pendiri Bangsa Sehari Setelah Indonesia Menyatakan Merdeka

Proklamator kemerdekaan RI, Soekarno (berdiri) memimpin Sidang PPKI pertama pada 18 Agustus 1945. (Foto via Wikimedia Commons)

JAKARTA (Pesisirnews.com) - Saat kemerdekaan diproklamirkan, Indonesia belum memiliki dasar negara. Sehari setelah proklamasi kemerdekaan, atau pada tanggal 18 Agustus 1945, Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) langsung menggelar rapat untuk merumuskan dasar negara, termasuk menetapkan Presiden dan Wakil Presiden.

Seperti dilansir dari website kemlu.go.id, Sidang PPKI itu mengambil tempat di Gedung Pancasila, yang dulu bernama Gedung Volksraad.Gedung Pancasila ini ada di kompleks yang sekarang dipakai untuk Kementerian Luar Negeri, kawasan Pejambon.

Rapat PPKI yang seharusnya dimulai pukul 09.30 ternyata molor hingga pukul 11.30.Dalam Sidang PPKI hari pertama itu berhasil menetapkan tiga keputusan penting.

Pertama, disahkannya UUD 1945 sebagai dasar konstitusi negara untuk dijadikan acuan pembentukan ragam peraturan di Indonesia. Itu berarti saat menyatakan merdeka pada 17 Agustus, Indonesia belum memiliki dasar negara.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar