Peristiwa

Ribuan Orang Mengungsi Setelah Pecah Kontak Senjata Antara Petugas Keamanan dengan KKB


Ribuan Orang Mengungsi Setelah Pecah Kontak Senjata Antara Petugas Keamanan dengan KKB

Sisa pembakaran yang dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di kawasan Bandara Bilorai, Intan Jaya, Papua, Jumat, (29/10/2021. (Dok. Humas Polda Papua)

JAYAPURA, Pesisirnews.com - Dalam dua hari terakhir, ribuan orang di Kabupaten Intan Jaya, Papua mengungsi akibat situasi yang memanas setelah pecahnya kontak senjata antara petugas keamanan dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di kawasan Bandara Bilorai, Kabupaten Intan Jaya, Papua, Jumat (29/10).

"Total keseluruhan masyarakat mengungsi akibat gangguan Kamtibmas oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), berjumlah 5.859 jiwa," terang Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal kepada wartawan, seperti dikutip RRI.co.id, Sabtu (30/10/2021).

Ia lantas merincikan, 160 orang mengungsi ke Polsek Sugapa, dan 20 orang lainnya di Koramil Sugapa.

Pengungsi juga mendatangi sejumlah gereja, dimana 2.405 jiwa memilih untuk menetap di Gereja Santo Misael, 3.000 orang berada di Gereja Katolik Agapa, 124 orang di Gereja GKII Antiokhia, dan 150 lainnya di Gereja Katolik Baitapa.

Petugas keamanan gabungan (TNI/Polri) menyatakan para pengungsi tersebut belum dapat kembali ke rumah masing-masing, hanya mengambil keperluan seadanya di rumah untuk kemudian kembali ke tempat pengungsian.

Namun demikian, menurut Kamal, situasi keamanan di sekitar kawasan Intan Jaya saat ini sudah berangsur kondusif dengan berhasil didudukinya Bandara Bilorai oleh aparat gabungan TNI-Polri, yang saat ini telah melakukan pengamanan dan pembersihan.

"Hingga saat ini situasi di wilayah Sugapa masih aman kondusif dan tidak terdapat aksi gangguan keamanan dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB)," jelasnya.

Sebelumnya, rentetan kontak senjata terjadi secara beruntun. Pada 29 Oktober, kontak senjata yang diikuti aksi pembakaran bangunan berlangsung alot sekitar dua jam lamanya. Pada pukul 17.50 WIT, kondisi baru kondusif dan personel gabungan TNI-Polri kembali ke Polsek Sugapa.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar