Politik

Pemkab Meranti Bekali Pejabat tentang Penyusunan Perpu


Pemkab Meranti Bekali Pejabat tentang Penyusunan Perpu

MERANTI-PESISIRNEWS.com - ‎Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti memberikan pembekalan teknis penyusunan peraturan perundang-undangan kepada pejabat-pejabat di Meranti, Rabu (25/2/2015), di Ballroom Afifa. Pembekalan ini melalui Bimbingan Teknis (Bimtek) Legal Drafting yang lebih dikenal dengan istilah Peraturan Perundang-undangan (Perpu).

Pemkab juga menghadirkan narasumber dari Provinsi Riau yakni Kepala Devisa Pelayanan Hukum dan HAM Provinsi Riau, Para saran Simaibang SH, Kepala Kantor wilayah hukum dan HAM Provinsi Riau, Fredies Nelli SH, Biro Hukum Kemendagri, S Aditya Wijaya SH.

Tampak hadir sejumlah Kasubag serta seluruh staf masing-masing dinas di lingkup Pemkab Kepulauan Meranti.

Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah (Setda) Kepulauan Meranti‎, Sudandri SH, mengatakan Bimtek ini membahas tentang teknik penyusunan Perpu, Perda, Prolekda, maupun Peraturan Kepala Daerah.

"Mengingat di daerah belum ada yang demikian, ini tentu saja dibuat dengan teknik sendiri. Jadi kita perlu melakukan pembelajaran tentang penyusunan Perpu, karena semua pihak harus memiliki kepentingan produk hukum," sebut Sudandri.

Sementara ‎dalam sambutan Bupati Kepulauan Meranti, Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan Setdakab Kepulauan Meranti, Rismawardi mengatakan penyelenggaraan Bimtek ini merupakan salah satu upaya pemkab untuk meningkatkan pemahaman prosedur penyusunan Perpu dalam bentuk Peraturan Daerah dan Peraturan Kepala Daerah.

"Tentunya bimtek ini penting sekali, karena sampai saat Ini masih ada berbagai penafsiran pengaturan penyusunan hukum. Dan juga terhadap adanya keanekaragaman secara bertahap, perlu dilakukan penyeragaman," ungkapnya.

‎Selain itu, Ia berharap dengan dengan bimtek ini nantinya mampu meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan juga mampu menyusun naskah akademik dengan Output berkualitas.

"Sehingga penyusunan dapat berjalan sesuai dengan prosedur dan berjalan dengan baik serta meningkatkan motivasi sebagai pendorong kemajuan kita," harap ‎Rismawardi. (eaf)
Penulis: