Sosial

IPMR akan Meriahkan HUT Kota Dumai ke-16


DUMAI, PESISIRNEWS.COM - Ikatan Pemuda Minang Riau (IPMR) Kota Dumai akan mengadakan Festival Lagu Minang pada hari jadinya yang ke-3. Selain memperingati HUT IPMR, festival ini juga untuk turut serta memeriahkan hari jadi Kota Dumai yang ke-16, jatuh pada 27 April 2015 mendatang.

"Festival lagu minang ini terbuka untuk umum, artinya tidak hanya orang minang saja yang berkecimpung difestival bergengsi ini. Tetapi siapapun orangnya  boleh mendaftarkan diri mengikuti festival dengan catatan pandai dan bisa membawakan lagu minang," kata Ketua Panitia Yuli Firdaus didampingi Sekretaris Adel Iskosha, Minggu (29/3/2015).

Pelaksanaan kegiatan yang akan berlangsung 12 hingga 15 April 2015 mendatang, akan dilaksanakan di Balai-balai Perumahan Walikota Dumai. Oleh karena itu bagi masyarakat Minang dan Umum yang siap bersaing suara di festival ini dapat mendaftarkan diri segera.

"Pendaftaran akan dibuka pada 1 hingga 10 April 2015 mendatang dengan biaya Rp. 100 ribu per orang bagi Pria dan Wanita yang berusia 20-40 tahun," katanya.

Nantinya setiap peserta yang mendaftar, lanjutnya, panitia akan memberikan satu buah CD beserta brosur yang berisikan lagu wajib dan lagu bebas yang harus dibawakan dalam festival. Setelah pendaftaran, akan dilakukan babak penyisihan akan dilaksanakan pada 12 hingga 15 April mendatang dengan menyediakan dewan juri yang ahli dibidang tarik suara.

Kemudian, sambung Firdaus pada 19 April 2015 barulah peserta akan memasuki babak Final untuk menetukan siapa pemenang yang akan berpusat diTaman Bukit Gelanggang. Untuk memeriahkan kegiatan ini, tak tangung-tangung, dimalam  final Panitia akan mengundang  Artis Terkenal Minang Kabau 'Ratu Sikumbang'.

"InsyaAllah jika tak ada kendala, sesuai perencanaan dimalam final kita akan mendatangkan Artis Minang Kabau Ratu Sikumbang ke Kota Dumai untuk menghibur masyarakat sekaligus memeriahkan HUT IPMR dan HUT Dumai ke-16," katanya.

Sementara mengenai hadiah bagi pemenang, dikatakan Wakil Ketua IPMR Kora Dumai Jasril Koto, panitia akan memberikan hadiah berupa Tropi, Piala Walikota, Piala IKMR, plus Sertifikat dan ditambah uang Pembinaan.

"Diharapkan kegiatan festival ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses, maka dihimbau seluruh masyarakat Kota Dumai khususnya masyarakat Minang Dumai agar ikut serta mengikuti fesival lagu minang ini. Dan saya berharap agar kegiatan seperti ini bisa menjadi ajang tahunan," katanya.

Sebab bagaimanapun, lanjut Jasril, kegiatan ini bertujuan untuk membangkitkan serta menjunjung tinggi seni dan budaya Minang Kabau dirantau Urang, "kalau bukan kita siapa lagi, kalau bukan sekarang kapan lagi. Dan sekaligus ajang ini dapat meningkatkan tali silaturahmi antar sesama masyarakat Kota Dumai," tutupnya. (via)
Penulis: