Wisata

13 Tempat Wisata Horor Di Indonesia Yang Pas Untuk Para Pemberani

pesisirnews.com pesisirnews.com
13 Tempat Wisata Horor Di Indonesia Yang Pas Untuk Para Pemberani

Destinasi wisata di Indonesia banyak macamnya. Ada yang menawarkan keindahan, keunikan, yang menguji adrenalin dan masih banyak lagi. Tidak sedikit pula yang menawarkan pengalaman tidak biasa, seperti mengunjungi tempat wisata horor di Indonesia. Hiii!

Faktanya, banyak tempat wisata horor di Indonesia yang bisa kamu kunjungi, dari yang ada di Pulau Sumatera, Jawa hingga Sulawesi. Dengan nuansa mistis dan misterius yang bisa membuat bulu kuduk berdiri, wisata horor tentu bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk menambah pengalaman travelling kamu.

Jika kamu memiliki rasa penasaran yang tinggi, nyali besar dan ingin membuktikan seberapa tinggi keberanian kamu, 13 tempat wisata horor di Indonesia ini bisa menjadi jujukan destinasi travelling kamu berikutnya. Dijamin seru, lho!

1. Tidak terawat dan menyeramkan? Taman Festival Sanur

Image credit: @belakane23

Siapa yang menyangka ada tempat di Bali yang tidak menghadirkan kesan keindahan dan kenyamanan, melainkan lebih ke nuansa yang horor dan mengerikan. Tempat itu adalah Taman Festival di wilayah Sanur,theme park terbengkalai dan penuh belukar dengan wahana permainan yang sudah rusak, bahkan hilang dari tempatnya.

Image credit: @juhanisarglep

Nuansa kusam begitu jelas terasa, mulai dari cat tembok yang terkelupas hingga banyaknya grafiti dan mural yang tercoret di hampir setiap dindingnya. Rangka atap bangunan yang tidak tersisa menambah atmosfer mengerikan dari tempat ini.

Meski begitu, kamu tetap harus membayar 10,000 IDR untuk bisa masuk ke tempat ini dan menikmati nuansa horor yang menaikkan bulu kuduk kamu. Hiii!

Image credit: @jaya_coffee

2. Desa mistis dengan mayat yang terserak di tanah ? Desa Trunyan

Image credit: @yoexplore

Lumrahnya, orang yang sudah meninggal dunia akan dimakamkan dengan cara dikubur di dalam tanah. Tapi pemandangan itu tidak terlihat di desa Trunyan, Bali. Di desa yang berdekatan dengan Danau Batur ini, jenazah mereka cukup diletakkan di atas tanah begitu saja. Waduh!

Image credit: @balidrivers

Yang unik dari pemakaman di desa ini adalah tidak adanya bau menyengat dari jenazah tersebut, malah berganti dengan bau harum. Diyakini, bau busuk dari jenazah 'diserap' oleh pohon Taru Menyan yang berada di tengah pekuburan. Selain luar biasa dan sangat unik, kamu tidak usah kaget melihat kurungan terbuat dari bambu dengan mayat di dalamnya yang diletakkan begitu saja di tanah bila berkunjung ke desa ini, ya!

Image credit: @wirasathya

3. Hotelnya para hantu Bali ? P.I Bedugul

Image credit: @goandme

Hotel ini sempat disebut sebagai Ghost Palace, setelah travel writer Jacob Laukaitis mengviralkan hotel tidak berpenghuni dan terbengkalai tersebut di akun Youtubenya. Nuansa mistis dan horornya dapet banget, deh!

Image credit: @love_chamomiles

Bayangkan, melihat bangunan super besar namun tidak berpenghuni, suram dan kotor, serta terlihat gelap saat malam, kesan pertama yang muncul pasti tidak jauh-jauh dari hal yang menyeramkan.

Demikian pula dengan tempat wisata horor di Indonesia ini. Untuk menambah kengerian, konon kabarnya, hotel ini memang berhantu dan tidak sepenuhnya 'tidak berpenghuni'. Hiii!

4. Berburu setan di gedung 1000 pintu yang Instagenik ? Lawang Sewu

Image credit: @miripkhrisna

Letaknya yang berada di tengah Kota Semarang tidak menghilangkan kesan seram pada Lawang Sewu meski bangunan dengan gaya Artdeco ala Eropa itu sudah dihujani sinar ratusan lampu. Kesan horor begitu terasa, terutama saat malam hari.

Image credit: @ikasanz

Walaupun demikian, keunikan dan eksotisme Lawang Sewu menjadi daya tarik tersendiri. Bangunan dengan ratusan pintu, dan konon sejumlah tempat tersembunyi, memberikan tawaran kunjungan yang sulit untuk ditolak. Biarpun bulu kuduk merinding, jalan-jalan di bangunan eksotis pun tidak masalah. Apalagi tempatnya Instagenik, bukan begitu?

5. Gerbang menuju istana Laut Selatan ? Pantai Parangkusumo

Image credit: @johanjacob_oki

Bila berbicara dari sudut pandang mistis, pantai Parangkusumo di Bantul banyak disebut sebagai gerbang menuju istana Ratu Laut Selatan, Nyi Roro Kidul. Tapi bila berbicara eksotismenya, tidak ada yang menyangka bila pantai yang bertetangga dengan Parangtritis itu sangat mengesankan.

Image credit: @fajar_nugrosdj

Mulai dari Gumuk Pasir hingga pantainya sendiri yang berpasir hitam dengan gelombang besar khas Laut Selatan memberikan nuansa luar biasa. Jika ingin bertamasya dengan sedikit nuansa mistis, horor di Jogja, menjadikan pantai Parangkusumo sebagai destinasi adalah sebuah keharusan.

Image credit: @daryocta

6. Kokoh dengan nuansa horor ?Benteng Vredeburg

Image credit: @tetriwidiyani

Museum benteng Vredeburg di Jogja menjadi salah satu destinasi wajib yang harus kamu kunjungi saat menjelajahi Jalan Malioboro. Banyak informasi sejarah yang bisa kamu dapatkan bila mengunjungi museum yang berada di depan Gedung Agung Jogja tersebut.

Image credit: @nanda_lombok77

Namun harus diakui, saat mengunjungi museum ini, kamu akan mendapatkan pengalaman yang membuat bulu kuduk merinding. Nuansa benteng yang dingin dan suram memberikan atmosfer horor, meski penerangan sudah dimaksimalkan di sejumlah sudut.

Keberadaan beberapa ruang yang misterius menambah keeksotisan benteng ini. Jika beruntung, kamu mungkin bisa melihat beragam penampakan di sini saat malam, itupun jika kamu berani ya.

7. Mansion eksotis dengan nilai historis tinggi ? Tjong A Fie Mansion

Image credit: @wi.sely

Tidak bisa dipungkiri kalau Tjong A Fie Mansion merupakan permata bersejarah di kota Medan. Dibangun pada 1895, gedung ini menjadi saksi sejarah perjuangan dan perkembangan budaya Tionghoa di Medan.

Image credit: @anggieatjong

Mansion ini juga memiliki sisi misteri, yang kemudian difilmkan dengan genre horor komedi oleh salah satu rumah produksi. Melihat dari bangunannya yang keren dan terkesan vintage, berkunjung ke gedung ini harus masuk dalam itinerary wisata kamu di Medan deh.

8. Lorong gelap dan dingin ? Gua Jepang, Bandung

Image credit: @demontfort_18

Yang namanya gua, kebanyakan bernuansa gelap dan dingin, termasuk di antaranya Gua Jepang di wilayah Tahura Ir. Djuanda, Dago Atas, Bandung. Tapi ada bonus tambahan selain gelap dan dingin, yaitu bernuansa horor. Hiiii!

Image credit: @mude_mudrikah

Nuansa ini mungkin akan semakin terasa ketika kamu mengetahui sedikit sejarah dari keberadaan gua ini, yaitu tempat di mana banyak orang meninggal karena kebrutalan romusha Jepang. Ya, lorong panjang dan gelap, juga sedikit berliku ini menjadi titik akhir hidup ratusan orang sebelum menjemput ajal. Tertarik berkunjung ke sini?

9. Hutan tua yang (konon) angker ?Taman Nasional Alas Purwo

Image credit: @tsamara.shavira.shalihah

Bagi yang pernah melakukan perjalanan darat dari Surabaya ke Bali atau sebaliknya, pasti akan melewati Alas Purwo di Banyuwangi. Hutan tertua di Pulau Jawa ini begitu rapat dan teduh, dan bila dijelajahi saat malam hari, dengan minimnya cahaya lampu dan bulan, tentu bisa menawarkan sensasi yang menyeramkan.

Image credit: @reni.rendeng

Pada dasarnya, Taman Nasional Alas Purwo menawarkan keindahan alam khas Jawa Timur, mulai dari lanskap yang keren hingga pantai yang eksotis di sejumlah sisi, lengkap dengan keanekaragaman hewan yang ada di sana, mulai dari babi hutan, rusa dan masih banyak lagi lainnya.

Walaupun demikian, sisi misteri tetap jelas terasa dan bisa menjadi bumbu seru untuk melakukan penjelajahan di dalamnya. Tapi tetap harus hati-hati dan waspada, ya!

10. Benteng kokoh dan luar biasa ?Fort Rotterdam

Image credit: @alnaniamks

Ingin melihat sejarah dan perkembangan Makassar, kamu bisa merapat ke benteng Fort Rotterdam. Banyak informasi yang bakal kamu dapatkan di sana, pas untuk menambah pengetahuan mengenai Makassar dan sekitarnya.

Image credit: @irwansatria

Namun, di salah satu tempat wisata horor di Indonesia ini juga menawarkan sensasi tidak biasa. Cerita misteri dengan nuansa kelam menjadi warna tersendiri dari benteng ini. Meski begitu, eksotisme Fort Rotterdam saat sore jelang matahari terbenam  menjadi daya tarik yang tidak bisa dilewatkan.

11. Gua dan makam yang bikin merinding ? Tana Toraja

Image credit: @vianpratamaa_

Bicara soal pemakaman, kamu akan dibuat merinding bila menyinggung Tana Toraja. Salah satu tempat wisata horor di Indonesia ini memang menawarkan nuansa yang tidak biasa dan membuat bulu kuduk berdiri di sejumlah destinasi wisata makam.

Image credit: @ikakilberth

Setidaknya ada lima jenis pemakaman di Tana Toraja yang anti-mainstream, dari kuburan gua di Londa dan Tampang Allo Sangalla, kuburan gantung di Kete Kesu dan Tampangallo, kuburan batu Liang di Batu Lo'ko Mata dan Suaya, kuburan pohon di Sangalla dan kuburan Patane di Kete Kesu. Belum lagi upacara adat untuk mengantar jenazah dengan menjadikannya sebagai mayat hidup. Waduh!


tripzi

Penulis: pesisirnews.com