• Home
  • Advertorial
  • Saat Ini, Rohil Punya Kampung Siaga Bencana Di Perkaitan

Saat Ini, Rohil Punya Kampung Siaga Bencana Di Perkaitan

admin Rabu, 15 Mei 2019 12:43 WIB

Rohil, Pesisirnews.com - Bupati Rohil H Suyatno AMp berharap dengan terbentuknya Kampung Siaga Bencana (KSB) di Pekaitan Kabupaten Rokan Hilir dapat menimalisir serta mencegah sedini mungkin akan terjadinya bencana di wilayah Rohil.

Hal ini dikatakan orang nomor satu di Bumi Negeri Seribu Kubah usai mengukuhkan Desa Siaga Bencana Kecamatan Pekaitan belum lama ini yang di nilai sebagai wilayah langanan banjir setiap tahunnya.



Ket foto : Bupati Rohil H Suyatno AMp menyaksikan MOU oleh Camat Pekaitan


"Saya bangga dapat berdiri ditengah-tengah para penggiat penanggulangan bencana ini. Saya sangat mengapresiasi atas pengabdian Tagana. Selamat Ulang Tahun ke- 15 untuk anak-anakku Tagana, semoga kiprah nyata semuanya mendapat ridho dari Allah SWT," ungkap Bupati Suyatno.

Bupati Suyatno juga mengajak masyarakat meningkatkan kesadaran terhadap bencana melalui Kampung Siaga Bencana (KSB) dan penguatan pengetahuan kebencanaan pada berbagai unsur masyarakat.

"Keberadaan Kampung Siaga Bencana di lokasi rawan bencana dimana Tagana sebagai fasilitatornya sangat penting dan terbukti mampu menambah jangkauan Pemkab Rohil dalam mengembangkan pendekatan manajemen kebencanaan berbasis masyarkat, mudah-mudahan dengan penguatan kebencanaan di tingkat masyarakat ini akan semakin meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana," paparnya.

Mantan Camat Bagansinembah ini berharap dapat menjadi penguatan, "untuk membangun kesetiakawanan, kepedulian, komitmen untuk saling melindungi dan memberikan layanan kepada saudara-saudara kita yang tertimpa bencana," ucapnya lagi.

Pengukuhan dan pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB) di Kecamatan Pekaitan sekaligus memperingati HUT Tagana ke 5 yang di gelar di Kepenghuluan Karya Mulya Sari Rokan Baru Kecamatan Pekaitan Dilapangan SMP Negeri 02 Rokan Baru Rohil ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih dan batuan secepatnya kepada masyarakat yang terkena bencana serta dapat memberikan pemahaman dan kesadaran kepada masyarakat tentang pentingnya mencegah akan bahaya yang berisiko terjadinya bencana dengan membentuk jaringan masyarakat siaga bencana berbasis masyarakat.

Selain itu Bupati pilihan rakyat ini juga mengajak masyarakat tentang pentingnya mengorganisir potensi masyarakat yang terlatih dalam penangulangan bencana,dan memberikan kepastian bahwa penangulangan bencana berbasis masyarakat dapat berjalan serta berkesinabungan mulai dari sebelum terjadinya bencana dan setelah bencana.