Artikel

Taipan Sri Prakash Lohia,Kaya Di Indonesia,lahir India,Tua Di London

pesisirnews.com pesisirnews.com
Taipan Sri Prakash Lohia,Kaya Di Indonesia,lahir India,Tua Di London

Sri Prakash Lohia lahir di India, hijrah ke Indonesia dan sukses menjadi orang terkaya ke-5 di RI. Kini, ia menikmati jerih payahnya dari London, Inggris. (CNNIndonesia/Fajrian).

PESISIRNEWS.COM - Keputusan Sri Prakash Lohia hijrah dari India ke Indonesia pada 1973 silam boleh dibilang langkah cemerlang yang pernah diambilnya. Nasibnya berubah. Bahkan, Lohia menjadi potret imigran sukses setelah didapuk menjadi orang terkaya ke-5 Indonesia.

Kekayaan Lohia, menurut Forbes, mencapai US$6,6 miliar atau setara Rp94,05 triliun (Rp14.250 per dolar AS) pada Rabu (8/9). Kekayaannya berhasil menandingi Prajogo Pangestu yang saat ini mencapai US$5,9 miliar, dan seperenam dari yang dikantongi Budi dan Michael Hartono.

Kesuksesan Lohia tidak terjadi dalam semalam. Ia mendirikan Indorama Corporation. Jika dibandingkan namanya, Lohia, yang mungkin terdengar asing, Indorama sedikit lebih populer. Ya, Indorama adalah perusahaan petrokimia dan tekstil yang berkantor pusat di HR Rasuna Said, Jakarta.

Perusahaan ini didirikan pada 1975 lewat Indorama Synthetics sebagai perusahaan pemintalan benang kapas. Pada 1991 silam, perusahaan melakukan diversifikasi ke produksi serat poliester dan turunan petchem.

loading...

Di bidang petrokimia, Indorama juga memproduksi pupuk nitrogen, pupuk fosfat, polietilen, tekstil, serat kapas, sampai sarung tangan medis. Pabriknya tersebar hingga ke delapan negara.

Di Nigeria, tangan dingin Lohia berhasil mendirikan Indorama Eleme Petrochemicals Limited. Begitu pula di Senegal, India, Malaysia, termasuk Uzbekistan dengan FE Indorama Agro LLC dan JSC Indorama Kokand Fertilizers and Chemicals-nya.

Halaman :
Penulis: pesisirnews.com