Daerah

Pemko Dumai Gelar Zikir dan Do’a


Pemko Dumai Gelar Zikir dan Do’a
Pemko Gelar Doa minta hujan, Rabu (24/2)

PESISIRNEWS.COM, DUMAI - Ratusan umat Muslim dari kalangan Pegawai Negeri Sipil di Pemerintahan Kota Dumai, melakukan Zikir dan Doa bersama di Masjid Habiburrahman, Rabu (24/2).


Lantunan zikir menggema dari Masjid di Jalan HR Soebrantas, Kota Dumai. Seluruhnya tampak larut dalam lantunan kalimat Toyibah. Terlihat umat muslim tidak hanya memadati bagian dalam masjid, melainkan juga bagian luar masjid.


Kegiatan ini adalah bentuk kesungguhan masyarakat Kota Dumai agar dijauhkan dari bencana Kabut Asap dan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Adapun Zikir ini dibimbing oleh Ustadz Danial Effendi, Sebelumnya, mereka juga melaksanakan Shalat Dhuha yang dipimpin langsung (Imam) Ketua MUI Kota Dumai, Lukman Syarif.


Usai Zikir dan Do’a, Seketaris Daerah (Sekda) Kota Dumai menyebutkan, kegiatan ini dilaksanakan mengingat kondisi Dumai sudah tiga minggu tidak diguyur hujan.


Selain tidak diguyur hujan, kondisi Kota Dumai saat ini juga sedang panas terik. Namun kondisi Dumai, belum memasuki musim kemarau. Dengan pelaksanaan Ibadah ini, Sekda berharap agar Kota Dumai bisa diguyur hujan.


“Untuk itu kita melakukan zikir dan doa bersama, agar Kota Dumai dapat diguyur hujan,” ujar Said.


Sekda menambahkan, berdasarkan prakiraan BMKG, Kota Dumai bakal dilanda musim kemarau El Nino dimulai Februari hingga beberapa bulan kedepan, sehingga diadakan Zikir dan Do’a bersama untuk mengantisipasi kebakaran lahan.


“Pemerintah daerah juga sudah menyiapkan anggaran penanggulangan dan pencegahan Karhutla sebesar Rp 1 miliar, ditambah dana taktis ketika ada kejadian bencana,” bebernya.


Memasuki musim kemarau ini telah disiagakan personel pemadam kebakaran lahan dari berbagai instansi terkait, yaitu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Polisi Kehutanan, Manggala Agni dan bantuan personel TNI / Polri.


“Agar Dumai terbebas dari bencana kabut asap, Saya mengimbau masyarakat untuk peduli karhutla dan menjaga lahan kering dengan tidak melakukan kegiatan pembakaran yang dapat merugikan kesehatan dan kualitas lingkungan,” imbaunya.


Tak lama berselang, pemintaan Hujan tampaknya di jabah langsung oleh Allah SWT. Karena, beberapa wilayah di Kota Dumai telah diguyur hujan pada Rabu Siang.

Penulis: