Daerah

Pemko Dumai Gelar Lomba Kompang Tingkat Kota


 Pemko Dumai Gelar Lomba Kompang Tingkat Kota
Foto: dika
Lomba Kompang.
DUMAI, PESISIRNEWS.COM -  Pemerintah Kota Dumai melalui Bagian ADM Kesra Setdako Dumai menggelar lomba kompang tingkat Kota Dumai dalam rangka menyambut tahun baru 2016. Lomba kompang dilaksanakan di gedung Pendopo Sri Bunga Tanjung Jalan Putri Tujuh Dumai.

Perlombaan yang mengangkat kebudayaan melayu ini dibuka oleh Pj Walikota Dumai, Arlizman Agus diwakili Asisten I Bagian Pemerintahan dan Kesra yang juga menjabat sebagai Plt Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Dumai, H Dermawan.

Tampak hadir dalam kegiatan itu, Kabag ADM Kesra Setdako Dumai, H Asnam, Camat dan Lurah sekota Dumai, peserta lomba dan undangan lainnya.

Saat membuka perlombaan pada Selasa (29/12/2015) kemaren, Dermawan mengatakan Pemerintah menyambut baik dilaksanakannya kegiatan lomba Kompang tingkat Kota Dumai.

“Saya atas nama Pemerintah menyambut baik dilaksanakannya kegiatan lomba kompang tingkat Kota Dumai dalam rangka menyambut tahun baru,” ujarnya.

Kegiatan yang dilaksanakan ini tentunya bertujuan untuk melestarikan seni budaya daerah agar nilai-nilai budaya Melayu tetap eksis bahkan berkembang hingga generasi berikutnya, dengan tidak meninggalkan adat budaya melayu dimanapun berada yang dapat beradaptasi kepada adat budaya lainnya.

Melalui kegiatan ini, Dermawan berharap, mampu mengembangkan bakat dan kreativitas bagi para group kompang yang ada di Kota Dumai sehingga menimbulkan kegairahan bagi generasi muda kita untuk berlomba-lomba mewarisi budaya asli Riau salah satunya kompang.

“Dan kami menilai kegiatan lomba kompang ini merupakan salah satu pilar penopang kebudayaan nasional Indonesia yang telah menjadi satu asset daerah untuk mengangkat harkat dan martabat bangsa khususnya tanah melayu guna mempertahankannya, seperti kata pepatah, ‘Takkan Melayu, Hilang di Bumi',” tukasnya.

Sementara, Kabag Kesra  Asnam menambahkan, bahwa lomba kompang tingkat Kota Dumai ini dilaksanakan dalam rangka mengambut tahun baru 2016.

“Lomba Kompang tingkat Kota Dumai  merupakan kegiatan pertama kali yang dilaksanakan Pemko Dumai melalui bagian ADM kesra dalam rangka untuk menyambut tahun baru 2016,” ujar Asnam.

Lanjutnya, jika sukses tahun depan kegiatan serupa akan kita laksanakan kembali dan tidak menutup kemungkinan lomba kompang akan menjadi agenda rutin yang diselenggarakan setahun sekali.

Menurut Asnam, lomba ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kota Dumai untuk melestarikan budaya melayu agar tidak luntur oleh perkembangan jaman.

“Untuk itu hadiah bukan hal yang jadi prioritas, tapi kami ingin masyarakat Dumai mengenal dan mau mewarisi kebudayaan melayu yang ada di Kota Dumai salah satunya kompang,” harapnya.

Terakhir Asnam mengatakan bahwa lomba kompang diikuti 10 group kompang yang ada di Kota Dumai. Para peserta akan dinilai oleh 2 orang dewan juri yang sengaja didatangkan oleh panitia dari Pekanbaru.

“Lomba ini di ikuti 10 group kompang yang ada di Dumai. Untuk dewan juri kami datangkan dari Pekanbaru sebanyak 2 orang. Para juara akan mendapatkan piala dan uang pembinaan dari Pemerintah melalui Bagian ADM Kesra dan khusus kepada Juara pertama akan mendapatkan piala bergilir walikota Dumai,” terangnya.


Cari berita terkait lainnya. Silahkan Klik DISINI / DISINI

(dcp)

Penulis: