Petugas Damkar Harus Sigap dan Cepat Respon Kebakaran

admin Jumat, 23 Agustus 2019 19:57 WIB
Rupat, Pesisirnews.com - Kepala unit pelaksana teknis (UPT) Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan kecamatan Rupat dan Rupat utara, M. Rais. M.si mengatakan, pihaknya terus menumbuhkan kesadaran bahwa menjadi petugas Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) bukan hanya tugas semata.

Namun, kata dia, kita harus sadar bahwa petugas dinas pemadam kebakaran adalah pahlawan yang selalu ditunggu-tunggu kehadirannya oleh warga, terutama pada saat terjadi kebakaran. Sesuai dengan motto " Pantang Pulang Sebelum Api Padam Walaupun Nyawa Taruhannya ". kepada wartawanpesisirnews.comJum.at 24/8/2019 di Ruang kantornya jln patimura Batupanjang Kec Rupat

"Tentu simulasi yang akan kita lakukan ini bersifat simulasi secara gratis," ungkap Rais.

Ia juga menyatakan,
Unit Pelaksana Teknis Pemadam Kebakaran (UPT Damkar) dan Penyelamatan Rupat dan Rupat utara, tetap siap siaga selama 24 jam.

"Kami tetap siaga selama 24 jam," tutur Kepala UPT Damkar dan Penyelamatan Rupat dan Rupat utara , M.Rais.

lanjut nya Pemadam akan selalu terbuka dan siap bekerjasama dengan semua pihak manapun. "Jadi kita sudah saatnya mendekatkan diri dengan masyarakat," ujarnya.

Selain itu, tambah dia, peningkatan kapasitas bagi anggota damkar juga ditingkatkan, karena mereka memiliki komitmen "pantang pulang sebelum api padam". "Artinya, setiap hari anggota Unit Pemadam Kebakaran kecamatan selalu dituntut agar siap siaga menghadapi hal-hal yang akan terjadi," paparnya.

Rais mengaku selalu menyampaikan motivasi kepada anggotanya dan menyampaikan pentingnya doa dalam setiap awal pelaksanaan tugas, Sebab, tugas dari Unit Pemadam Kebakaran harus sigap dan reaksi cepat dalam merespon kebakaran yang datang secara tiba-tiba,

"Jadi, kekuatan doa itu menjadi sebuah dasar dalam menjalankan tugas kami sehari-hari," ungkap saat diwawancarai di ruang kerjanya, jumat (24/08/19).

Sesuai dengan misinya membangun sistem penanggulangan kebakaran dan rescue yang handal, terencana, terpadu, terkoordinasi dan menyeluruh, meningkatkan kualitas sumber daya aparatur dalam penanggulangan kebakaran, menciptakan kondisi yang aman/melindungi masyarakat melalui pengurangan risiko bencana kebakaran. (Budi)
Tags BengkalisDumaiInhuKamparKuansingMerantiPekanbaruPelalawanRiauRohilRohulSiakinhil

Berita Terkait

Komentar

Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.

FB Comments