Daerah

Syarwan Hamid: Melayu Harus Terdepan Membangun Negeri Ini Lebih Baik


Syarwan Hamid: Melayu Harus Terdepan Membangun Negeri Ini Lebih Baik
Foto: Goriau
Panglima Besar LMB Letjend (Purn) H. Syarwan Hamid melantik pengurus LMB Kota Pekanbaru.
PEKANBARU, PESISIRNEWS.COM - Datuk Panglima Besar LMB Letjen (Purn) H Syarwan Hamid melantik pengurus Dewan Pimpinan Daerah Laskar Melayu Bersatu (DPD LMB) Kota Pekanbaru masa bakti 2015-2020 serta pengukuhan Datuk Panglima Muda dan Datuk Panglima Bungsu di Balai Adat Melayu Riau, Sabtu (19/12/2015).

Menurut Syarwan Hamid, kehadiran Laskar Melayu Bersatu adalah dalam upaya membangun jati diri masyarakat Melayu menyongsong pembangunan daerah yang lebih bermarwah dan bermartabat. Namun demikian, lembaga ini tetap menjalankan program dalam koridor negara kesatuan Republik Indonesia.

"Laskar Melayu Bersatu, adalah lembaga yang menaungi anak jati Melayu Riau untuk turut serta memberikan kontribusi pemikiran, tenaga, dalam membantu pemerintah daerah. Misinya adalah menjaga marwah dan martabat budaya Melayu Riau," kata Syarwan Hamid.

Sebagai tuan rumah, lanjutnya, Melayu harus berada pada garis terdepan untuk mengawal pembangunan yang tengah berjalan saat ini. Orang Melayu harus mampu bangkit dan berjaya.

Syarwan Hamid menyampaikan, laskar tersebut sudah lama dibangun. Satu tujuannya adalah agar Melayu bermarwah. Tapi tidak hanya di satu sisi kehidupan, melainkan untuk semua aspek kehidupan.

"Semua sisi kehidupan mesti bermarwah dan berusaha untuk lebih baik. Dengan pelantikan ini, didaharapkan kepengurusan LMB makin solid dalam mendukung program pembangunan daerah," ujar Mantan Menteri Dalam Negeri RI ini.

LMB harus menjadi wadah pemersatu, profesional dan bersinergi dengan pemerintah daerah dalam menegakkan marwah Melayu yang cinta damai, menerima siapa saja yang masuk untuk secara bersama-sama membangun bumi Melayu ini.

Membangun marwah Melayu harus mampu membangun diri sendiri terlebih dahulu. Menjaga marwah menjadi salah satu tugas pokok LMB dalam mengawal perjalanan pembangunan yang dilaksanakan pemerintah di berbagai lini kehidupan itu. Untuk itu LMB harus profesional dan menjadi mitra pemerintah yang dapat mengharumkan nama Melayu.

Sementara itu, Panglima Muda LMB Kota Pekanbaru Andi Sapat menyebutkan, LMB hadir dalam rangka menjunjung tinggi agama, adat-istiadat dan budaya Melayu yang berakhlak dan beretika di Bumi Melayu Riau ini. Selain itu, DPD LMB Pekanbaru ikut menggagas dan mensosialisasikan program untuk kepentingan masyarakat banyak.

"Sebaliknya, kami juga tidak segan-segan mengkritisi baik pemerintah dan pihak manapun yang bertindak tidak sesuai dengan kepentingan masyarakat banyak dan Melayu pada khususnya," kata dia.

Menurut Andi, keberadaan LMB diharapkan dapat berkontribusi membantu Pemko dalam membangun program dan kepentingan masyarakat Melayu di Kota Pekanbaru.

Walikota Pekanbaru diwakili Kepala Badan Kesbangpol Agus Pramono menyambut baik dan memberikan apresiasi atas pelantikan pengurus LMB tersebut. "LMB diharapkan mampu bersinergi dalam membangun kota Pekanbaru yang kita cintai ini," sebutnya.


Sumber: Goriau.com

Penulis: