Daerah

Amanat Dandim 0314/Inhil pada Peringatan Hari Kesaktian Pancasila: Junjung Pancasila Sampai Kapanpun

Anjar Anjar
Amanat Dandim 0314/Inhil pada Peringatan Hari Kesaktian Pancasila: Junjung Pancasila Sampai Kapanpun

TEMBILAHAN (Pesisirnews.com) - Komando Distrik Militer (Kodim) 0314/Inhil mengelar upacara dalam rangka peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2022, dengan Inspektur upacara komandan Kodim Letkol Arh Nahruddin Roshid, S.E,M.Tr(Han).

Dalam pelaksanaan upacara Hari Kesaktian Pancasila diikuti para perwira staf dan para Danramil beserta Personel perwakilan koramil 01/Tembilahan, Koramil 03/Tempuling, Koramil 12 Batang Tuaka, yang berlangsung di Lapangan Upacara Makodim Jalan A.Yani Parit 9 Tembilahan Hulu, Sabtu (1/10/2022) pagi.

Bertindak selalu Perwira Upacara Kapten Arh Sugiyono Pasi Pers Kodim 0314/Inhil, Komandan Upacara Letda Arm Muhazar sedangkan pembaca UUD 1945 Serma Ragil Muliadi serta pembaca Ikrar Serda Ucok G Harahap.

Dandim selaku inspektur upacara mengatakan, Upacara tersebut diselenggarakan tiap tanggal 1 Oktober tepat pada hari Kesaktian Pancasila, guna mengenang, menghormati para pahlawan revolusi yang sudah lebih dulu berjuang untuk kemerdekaan negara.

Selain itu juga untuk membentuk rasa cinta tanah air dan patriotisme prajurit serta membentuk jiwa juang prajurit serta penghormatan terhadap bangsa Indonesia.

Dandim berpesan agar sikap kritis generasi muda hendaknya dilandasi dengan pondasi agama, nasionalisme, dan ideologi Pancasila yang kuat. Sikap kritis generasi bangsa merupakan aset yang harus diarahkan sesuai kepribadian luhur bangsa Indonesia.

"Sehingga akan membawa manfaat bagi kemajuan bangsa Indonesia, khususnya Kabupaten Inhil," tuturnya.

Dalam Hari Kesaktian Pancasila tahun 2022 ini dikatakan Dandim juga berpesan bawa prajurit harus meningkatkan jiwa juang dan mengenang jasa para pahlawan bangsa yang telah berjuang mempertahankan ideologi Pancasila.

Usai melaksanakan upacara peringatan hari kesaktian Pancasila tahun 2022, Komandan Kodim kepada seluruh jajarannya mengatakan bahwa upacara yang telah laksanakan tadi jangan dianggap biasa ataupun kegiatan seremonial saja.

"Ini menjadi bukti bahwa Pancasila merupakan satu-satunya falsafah bangsa Indonesia yang harus kita junjung tinggi dan pertahankan. Sebagai patriot bangsa kita wajib menjaga, menjunjung tinggi dan mempertahankan Pancasila sampai kapanpun," tegas Dandim. (PNC/rls)

Penulis: Anjar

Editor: Anjar

mgid.com, 340009, DIRECT, d4c29acad76ce94f