Daerah

Bupati Inhil Hadiri Penandatanganan SPK dan Akad Kredit Petani Plasma dengan Bank BCA Syariah

Anjar Anjar
Bupati Inhil Hadiri Penandatanganan SPK dan Akad Kredit Petani Plasma dengan Bank BCA Syariah

PEKANBARU, Pesisirnews.com - Bupati Indragiri Hilir (Inhil) Drs. HM. Wardan, MP menghadiri acara Penandatanganan Surat Perjanjian Kerjasama (SPK ) serta Akad Kredit dan penyerahan Sertifikat Hak Milik Petani Koperasi Konsumen Plasma dengan Bank BCA Syariah Jakarta, Kamis (17/2/2022).

Bertempat di Alamanda Meeting Room Grand Central Hotel Pekanbaru, Bupati Inhil yang juga didampingi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Inhil H. Afrizal mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang di berikan dalam hal meningkatkan mutu hasil pertanian Inhil.

Dikesempatan itu, Bupati HM. Wardan mengatakan bahwa sekarang di Riau sudah banyak terbuka wacana baru mengenai sistem agribisnis oleh kelompok koperasi petani yang berkonsep kemitraan, seperti halnya yang telah terjalin antara Koprasi petani Inhil dengan PT Surya Dumai yang kini telah berganti Nama menjadi PT First Recorce Grup yang bergerak pada sektor pertanian Kelapa Sawit.

"Dengan konsep kemitraan ini perusahaan sebagai wadah penampung hasil dari kebun petani dapat ikut berupaya menyejahterakan petani," ujar Bupati Inhil.

Bupati juga mengharapkan perusahaan agar bisa melibatkan anggota koperasi dalam proses pemeliharaan sampai panen guna membantu menambah pendapatan anggota koperasi.

"Pihak Koperasi harus lebih aktif berkordinasi dengan pihak perusahaan guna meningkatkan SDM serta mewujudkan Koperasi yang sehat," jelasnya.

HM. Wardan menambahkan bahwa peran Dinas Perkebunan sangat penting dalam hal ini guna memantau serta memastikan segala hal nya berjalan dengan baik.

Pada kesempatan tersebut, Bupati juga menyaksikan secara langsung penandatanganan kerjasama antara Koperasi sempurna jaya dengan PT Citra Palma Kencana, Koperasi Konsumen Sawita dengan PT Surya Agrindo Mandiri, Koperasi Anggiat Maju dengan PT Setia Agrindo Lestari.

"Saya atas nama pemerintah Kabupaten Inhil mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnyanya dan semoga kesepakatan yang telah dilaksanakan ini dapat berjalan dengan baik serta memberikan keuntungan bagi para petani dan pihak perusahaan," pungkas Bupati HM. Wardan. (PNC/Pop)

Penulis: Popi Andriko

Editor: Anjar