Ekbis

Janji Manis Jokowi dan Kenyataan Pahit Pertumbuhan Ekonomi

Pesisirnews.com Pesisirnews.com
Janji Manis Jokowi dan Kenyataan Pahit Pertumbuhan Ekonomi

Foto: infografis/infografis Pertumbuhan Ekonomi RI Era Jokowi/Aristya Rahadian Krisabella

JAKARTA,PESISIRNEWS.COM-Jika kembali mengingat masa-masa awal pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) - Jusuf Kalla (JK), angka pertumbuhan ekonomi tersebut masih jauh dari target yang dijanjikan, yakni sampai 7%.di lansir dari Cnbc Indonesia.


Badan Pusat Statistik (BPS) merilis angka pertumbuhan ekonomi 2018 sebesar 5,17%. Menurut Kepala BPS Suhariyanto, angka pertumbuhan ekonomi ini sudah cukup baik di tengah kondisi perekonomian global yang tidak menentu.


"7% itu target kapan? 2014-kan? RPJMN [Rencana Pembangunan Jangka Menengah] itu kan disusun untuk lima tahun ke depan. Kita tidak pernah berpikir The Fed [Bank Sentral AS] akan menaikkan bunga cukup sering, perang dagang, dan sebagainya. Target 7% berat sekali," ujar Suhariyanto, Rabu (6/2/2019).



"Tapi memperhatikan ekonomi global, komoditas fluktuatif, saya bilang [angka pertumbuhan] 5,17% bagus. Kita tidak the best tapi masih okelah," tambahnya.


Dalam data BPS disebutkan pada triwulan keempat lalu harga komoditas seperti minyak kelapa sawit, ikan, alumunium, nikel, tambang turun secara kuartalan. Begitu juga harga kedelai yang turun secara tahunan atau year-on-year

Penulis: Zanoer