Islam

Dunia Adalah Penjara

pesisirnews.com pesisirnews.com
Dunia Adalah Penjara


Bagi mukmin, dunia tak lebih dari sebuah penjara dengan segala macam bentuk kesenangan yang melenakan. Dunia adalah hal kecil dibalik sesuatu yang sangat jauh lebih besar dan bernilai tinggi yaitu kampung akhirat, tem

Dalam pandangan seorang mukmin dunia ini tak lebih dari sebuah penjara, dimana ia tak dapat bebas sepuas-puasnya. Ia pun tak bisa mengumbar nafsu semaunya, karena ada aturan yang membatasi.

Bagaimana jika ia melalui batasan itu? Ia akan jatuh kedalam lembah kenistaan yang amat dalam dan berujung dengan penyesalan. Itulah hal yang dirasakan oleh seorang mukmin ketika hidup di dunia.

Sedangkan bagi orang kafir, dunia ini adalah puncak kenikmatan, lebih tepatnya dunia ini adalah surganya. Karena ia bebas melakukan hal apapun, menjalani semua hal yang menjadi kesenangannya tanpa ada yang melarang.

Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

"Dunia adalah penjara bagi orang mukmin dan surga bagi orang kafir." (HR. Muslim).

Di dalam lingkup penjara seorang mukmin, ia tak selalu bebas karena tuntutan menjalankan kataatan yang cukup berat. Ia pun terlarang dalam melakukan berbagai perkara yang diharamkan.

Sebagaimana dalam sebuah hadist, Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

"Sesungguhnya Allah telah menentukan batasan-batasan, janganlah kalian melampauinya. Juga menetapkan perkara-perkara wajib, janganlah kalian menyia-nyiakannya. Selain itu, juga mengharamkan beberapa hal, jangan pula kalian melanggarnya. Dan mendiamkan beberapa macam perkara, bukan karena lupa, tapi sebagai bentuk kasih sayang kepada kalian, maka terimalah dan janganlah kalian mencari-carinya." (HR. Hakim).

Halaman :
Penulis: pesisirnews.com

loading...