Islam

Indonesia dan Arab Saudi Capai Kesepakatan Kuota Haji 1444 H/2023 M


Indonesia dan Arab Saudi Capai Kesepakatan Kuota Haji 1444 H/2023 M

Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas (kiri) dan Menteri Urusan Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq Fawzan Muhammad Alrabiah (kanan) saat membicarakan urusan haji 2023 di Jeddah. (Foto: Humas Kemenag)

JAKARTA (Pesisirnews.com) - Indonesia dan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi telah meloloskan kesepakatan penyelenggaraan ibadah haji 1444 H/2023 M. Kesepakatan tersebut menyangkut soal kuota jemaah haji Indonesia yang kembali normal.

"Saya hari ini menyelesaikan kesepakatan haji dengan Menteri Haji Saudi. Kuota haji Indonesia tahun ini sebesar 221.000 jemaah," kata Menag dalam keterangan resmi, Minggu (8/1).

“Kuota itu terdiri atas 203.320 jemaah haji reguler, dan 17.680 jemaah haji khusus. Sedangkan untuk petugas, tahun ini kita mendapat 4.200 kuota,” ucapnya.

Selain soal kuota, Menag mengatakan, tidak ada tes usia bagi jemaah haji Indonesia.Sebagaimana diketahui, pemerintah Arab Saudi pada tahun 2022 sempat membatasi usia jamaah haji, dengan syarat usia jamaah di bawah 65 tahun.

“Sesuai kesepakatan, tahun ini sudah tidak ada penyelesaian usia jemaah haji. Artinya, jemaah 65 tahun ke atas juga bisa berangkat haji tahun ini,” katanya.

Tak hanya itu, kesepakatan Menag dengan Menteri Arab Saudi juga mengatur tentang kelebihan pesawat di Jeddah dan Madinah.Juga beberapa kebijakan terbaru terkait pelayanan ibadah haji. (PNC/KBRN)

Penulis:

Editor: Anjar