Kesehatan

4 Tanda Penyakit Jantung yang Bisa Anda Lihat pada Mata


4 Tanda Penyakit Jantung yang Bisa Anda Lihat  pada Mata

Ilustrasi: Tanda-tanda penyakit jantung yang dapat dilihat dari mata. (Int)

(Pesisirnews.com) - Serangan jantung bisa terjadi kapan saja, namun sebelum serangan jantung terjadi, ada gejala yang dirasakan oleh tubuh. Gejala paling umum dari serangan jantung adalah rasa nyeri di dada.

Tetapi nyeri dada muncul setelah penyakit menjadi sangat serius. Dokter biasanya mendeteksi penyakit jantung dengan bantuan berbagai tes kesehatan dengan biaya yang tidak sedikit.

Untungnya, menurut Harvard Medical School, gejala penyakit jantung juga dapat terlihat dari tanda-tanda di mata.

Selain dapat menunjukkan tanda-tanda serangan jantung, mata juga dapat menandakan jika ada gangguan yang terjadi pada organ hati.

Dengan memperhatikan beberapa perubahan yang terjadi pada mata, penyakit jantung dapat diketahui sebelum waktunya.

Berikut 4 tanda penyakit jantung yang bisa Anda lihat pada mata:

1. Perubahan retina

Di belakang pupil mata terdapat retina yang sensitif dan jika tekanan darah terlalu tinggi dapat merusaknya. Peningkatan tekanan darah dapat melemahkan pembuluh darah kecil yang memasok darah ke retina. Kondisi ini dapat membuat pembuluh darah pecah sehingga terjadi perubahan pada retina. Perubahanan pada retina menjadi salah satu tanda adanya gangguan pada jantung Anda.

2. Benjolan kuning di sudut mata

Risiko penyakit jantung menjadi serius ketika kolesterol meningkat. Tanda kolesterol tinggi juga bisa ditemukan pada mata. Harvard menyatakan bahwa peningkatan zat lengket yang jahat seperti kolesterol, trigliserida dapat menyebabkan benjolan lunak berwarna kuning muncul di sudut mata.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar