Tekno

Di Usia 11 Tahun Gadis Muda Ini Berhasil Membuat Aplikasi AI untuk Mendeteksi Penyakit Mata


Di Usia 11 Tahun Gadis Muda Ini Berhasil Membuat Aplikasi AI untuk Mendeteksi Penyakit Mata

Leena Rafaq, gadis muda asal Pakistan sukses mengembangkan aplikasi AI untuk mendeteksi penyakit mata. (Leena Rafeeq/ LinkedIn)

(Pesisirnews.com) - Seorang gadis muda berusia 11 tahun bernama Leena Rafaq, berhasil membuat aplikasi AI untuk mendeteksi penyakit mata dan kondisi lainnya melalui metode pemindaian unik menggunakan iPhone.

Rafaq menamai aplikasi tersebut "Ogler EyeScan" dan mulai mengembangkannya saat dia berusia 10 tahun.

Dilansir dari laporan NDTV via WION, Minggu, melalui akun LinkedIn pribadinya, gadis muda yang lahir di daerah kumuh di Pakistan ini mampu menciptakan aplikasi canggih tanpa bimbingan atau bantuan orangtua.

Dia mengembangkan teknologi ini secara mandiri dan menjelaskan cara kerja aplikasi tersebut bersama dengan demonstrasi video yang dia bagikan di akunnya,

Aplikasi canggih buatannya itu diklaim mampu untuk mendeteksi penyakit mata dengan akurasi 70 persen.

Di videonya, dia mengatakan bahwa aplikasinya dapat menganalisis berbagai parameter seperti warna dan intensitas cahaya, jarak dan titik pencarian untuk menemukan mata dalam jangkauan bingkai menggunakan pembelajaran komputer dan mesin canggih.

Dalam postingannya, Leena menambahkan bahwa aplikasi tersebut juga mengidentifikasi masalah semburan cahaya dan jika mata diposisikan tepat di dalam bingkai pemindai.

Dia berkata, "Ogler" dapat mengidentifikasi kondisi seperti Arcus, Malenoma, Pterygium dan bahkan Katarak dengan bantuan model terlatih.”

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar