Nasional

Hari Disabilitas Internasional, Presiden Jokowi: Pembangunan untuk Seluruh Rakyat tanpa Kecuali


Hari Disabilitas Internasional, Presiden Jokowi: Pembangunan untuk Seluruh Rakyat tanpa Kecuali

Ilustrasi: Disabilitas, (Foto: Getty Images/iStockphoto/KaraGrubis)

JAKARTA (Pesisirnews.com) - Hari ini 3 Desember, dunia memperingati Hari Disabilitas Internasional. Hari Disabilitas diperingati guna mengangkat martabat, hak, dan kesejahteraan para penyandang disabilitas.

Adapun tema Hari Disabilitas Internasional 2022 sebagaimana yang dimuat situs resmi Persatuan Bangsa-bangsa (PBB), adalah "Transformative solutions for inclusive development: the role of innovation in fuelling an accessible and equitable world" atau "Solusi transformatif untuk pembangunan inklusif: peran inovasi dalam mendorong dunia yang dapat diakses dan adil".

Pada peringatan Hari Disabilitas Internasional tahun ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan pembangunan di Indonesia ditujukan untuk seluruh rakyat.

"Pembangunan yang maju adalah yang melibatkan, mempertimbangkan, dan juga memberi akses bagi seluruh rakyat tanpa kecuali," kata Jokowi di akun Twitter resminya, Sabtu (3/12/2022).

Presiden Jokowi mengatakan Indonesia menaruh perhatian serius pada hak-hak kaum disabilitas. Salah satunya dengan adanya Komisi Nasional Disabilitas.

"Indonesia memiliki Komisi Nasional Disabilitas, juga peraturan yang mengandung semangat kesetaraan, kesempatan, dan aksesibilitas bagi penyandang disabilitas," tuturnya. (PNC)

Penulis:

Editor: Anjar