Nasional

Indonesia akan Mengirimkan Bantuan Tambahan ke Turki-Suriah


Indonesia akan Mengirimkan Bantuan Tambahan ke Turki-Suriah

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. (Foto: Biro Pers Setpres)

JAKARTA (Pesisirnews.com) - Pemerintah Indonesia akan kembali mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk Turki dan Suriah. Bantuan kemanusiaan itu rencananya akan dikirim besok, Selasa (21/2/2023).

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menjelaskan, bantuan kemanusiaan akan dikirimkan ke dua negara yang terdampak gempa bumi. Namun, Menlu masih belum dapat memberikan informasi secara rinci jenis bantuan yang akan dikirim Indonesia.

"Rencananya besok akan ada keberangkatan bantuan lagi baik ke Turki dan Suriah. Mengenai detailnya harus kita cek karena yang terakhir jenisnya apa dan sebagainya itu harus kita cek," kata Menlu di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin (20/2/2023).

Sebelumnya Indonesia telah mengirim bantuan kemanusiaan untuk Turki dari Base Ops Lanud Halim Perdana Kusuma, Sabtu (11/2/2023). Dua pesawat bantuan Boeing 737 membawa personil gabungan dari BNPB, Basarnas, Kementerian Luar Negeri, dan Kementerian Pertahanan.

Selain itu ada pula pesawat Herkules C-130 membawa barang bantuan berupa logistik Medium Urban SAR (MUSAR). Serta membawa Emergency Medical Team (EMT).

Bantuan dilepas oleh Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Tampak hadir pula Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Panglima TNI Yudo Margono, dan Kepala Basarnas Henri Alfiandi.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar