Peristiwa

BMKG Ingatkan Potensi Peningkatan Banjir Pesisir atau Rob di Beberapa Wilayah Indonesia

Anjar Anjar
BMKG Ingatkan Potensi Peningkatan Banjir Pesisir atau Rob di Beberapa Wilayah Indonesia

JAKARTA, Pesisirnews.com - Masyarakat di kawasan pesisir perlu waspada. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan potensi peningkatanbanjir pesisir atau rob di wilayah Indonesia.Apalagi, terpantau saat ini beberapa wilayah Indonesia juga terdampak banjir rob.

Kepala Badan Metrorologi, Klimatologi, dan Gepifisika (BMKG) Dwikorita Karnawati, mengatakan seperti yang sebelumnya sudah diprediksi oleh BMKG, pada bulan-bulan ini terutama Desember dan menjelang Januari-Februari intensitas cuaca ekstrem semakin meningkat.

"Karena dipengaruhi oleh beberapa hal terutama kondisi cuaca yang saat ini di musim hujan dan juga ada pengaruh La Nina. Kemudian mengakibatkan juga ada pengaruh dari monsun Asia yang mengakibatkan curah hujan ekstrem semakin meningkat,” kata Dwikorita, Rabu (8/12), saat konferensi pers secara virtual.

Lebih lanjut, kata Dwikorita mengungkapkan cuaca ekstrem ini diperparah dengan terdeteksinya adanya pola sirkulasi siklonik dan seruakan dingin yang aktif di Laut Cina Selatan yang memberikan dampak signifikan pada peningkatan tinggi gelombang bisa mencapai 4 - 6 meter di wilayah Perairan Natuna. Kondisi kecepatan angin signifikan berkisar 25 hingga 30 knot/km itu dikalikan 1,8 sehingga berkisar antara 40-an ya, 40 km per jam hingga berkisar antara 50-an km per jam.

Halaman :
Penulis: Anjar

Editor: Anjar