Politik

KPU Riau: 35 Persen Pemilih Riau sudah di-Coklit, Ini Pesan bagi Pemilih yang Belum Terdata


KPU Riau: 35 Persen Pemilih Riau sudah di-Coklit, Ini Pesan bagi Pemilih yang Belum Terdata

Ilustrasi: Petugas Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih pemilu serentak 2024. (Foto: Antara)

PEKANBARU (Pesisirnews.com) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau melaporkan sebanyak 35 persen pemilih setempat sudah dilakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data.

"Memasuki kurang lebih 10 hari sudah 35 persen, dari total 4.738.390 data pemilih di Provinsi Riau sudah dicocokkan datanya," kata anggota KPU Riau Abdul Rahman di Pekanbaru, Jumat.

Dia mengatakan, tahapan Pemilu 2024 kini masuki proses coklit data pemilih, yang prosesnya sudah berjalan sejak 12 Februari 2023.

Semuanya sejauh ini, lanjut dia, berjalan dengan baik tanpa kendala berarti termasuk ke daerah pelosok.

“Kami melakukan evaluasi setiap 10 hari dalam masa pencocokan dan penelitian tersebut. Ini merupakan evaluasi perdana setelah 10 hari pelaksanaan coklit," jelasnya.

Diakui, berdasarkan laporan yang KPU terima, perkembangan coklit oleh pantarlih sudah mencapai 35 persen. Namun hal itu belum dilakukan melalui aplikasi.

"Kecepatan dalam melakukan coklit di lapangan memang beragam, ada yang sangat cepat sampai melebihi target. Namun kebanyakan sesuai dengan target. Tapi masih lama, masih ada waktu 18 hari lagi," urainya.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar