Tekno

Sukses Masuki Orbit Mars, Tahun 2117 Uni Emirat Arab Berencana Membuat Permukiman di Mars

Anjar Anjar
Sukses Masuki Orbit Mars, Tahun 2117 Uni Emirat Arab Berencana Membuat Permukiman di Mars

Pesawat Hope Probe milik UEA berhasil memasuki orbit Mars pada Selasa (9/2), setelah menempuh perjalanan selama 7 bulan atau 494 juta kilometer. (Daily Express)

DUBAI, Pesisirnews.com - Tahun ini menandai 50 tahun kemerdekaan UEA dari Inggris serta berdirinya federasi UEA, gabungan dari tujuh ke-emiratan, termasuk Dubai.

Tahun ini pula, tepatnya pada Selasa (9/2/2021), menjadi hari bersejarah bagi perkembangan teknologi luar angkasa Uni Emirat Arab (UEA), di mana pesawat luar angkasa milik UEA berhasil memasuki orbit Mars untuk pertama kalinya.

Ini merupakan misi Arab pertama yang berhasil menjangkau Planet Merah dan kelima di dunia. Pesawat Hope Probe memasuki orbit Mars pada Selasa setelah menempuh perjalanan selama 7 bulan atau 494 juta kilometer.

Setelah ini Hope Probe diharapkan akan mengirim data ilmiah ke Bumi yakni tentang atmosfer dan iklim Mars. “Penempatan Orbit Mars sekarang selesai," demikian keterangan Pusat Luar Angkasa Mohammed Bin Rashid, dikutip dari Reuters, Rabu (10/2/2021).

Penguasa Dubai yang juga Wakil Presiden UEA Syekh Mohammed bin Rashid Al Maktoum mengatakan, upaya memasuki orbit Mars memiliki kemungkinan gagal 50 persen. Untuk memasuki orbit, pesawat harus membakar sekitar setengah dari 800 kilogram bahan bakar dengan tujuan untuk memperlambat agar tidak melampaui batas kecepatan.

Ini merupakan bagian paling menentukan dari setiap misi ke Mars. "Hari ini adalah awal dari babak baru dalam sejarah Arab, kepercayaan pada kemampuan kita untuk bersaing dengan negara dan pihak lain," demikian komentar Syekh Mohammed begitu pesawat memasuki orbit, dalam cuitan.

Halaman :
Penulis: Anjar

Editor: Anjar

mgid.com, 340009, DIRECT, d4c29acad76ce94f
loading...
loading...