Artikel

Ketahui Bahasa yang Paling Banyak Digunakan di Seluruh Dunia dan Kepunahan Bahasa


Ketahui Bahasa yang Paling Banyak Digunakan di Seluruh Dunia dan Kepunahan Bahasa

Ilustrasi: Ragam bahasa di seluruh dunia. (Int)

(Pesisirnews.com) - Bahasa adalah alat pengetahuan dan ekspresi diri, karena bahasa dianggap sebagai sarana pemahaman dan interaksi yang paling penting antara anggota masyarakat di semua bidang kehidupan. Tanpa bahasa, aktivitas kognitif manusia tidak mungkin terjadi.

Karena bahasa, nenek moyang kita yang sederhana mencapai bulan, menguraikan keberadaan lubang hitam, dan memainkan peran penting dalam menciptakan segalanya secara harfiah.

Menurut etnolog, ada lebih dari 7.000 bahasa di dunia saat ini, namun hanya 23 bahasa yang mewakili lebih dari separuh populasi dunia. Dari 23 bahasa tersebut, terdapat 7 bahasa yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.

Berikut ini urutan bahasa-bahasa yang paling banyak digunakan di seluruh dunia:

1. Bahasa Inggris

Bahasa Inggris menempati urutan pertama sebagai bahasa yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Sekitar 1,5 miliar orang berbicara bahasa Inggris yang merupakan bahasa nomor satu dalam hal jumlah penutur.

Bahasa Inggris juga menjadi bahasa pengantar di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek), bisnis, hubungan internasional dan lain sebagainya, mengingat kemudahan akses dan penggunaannya.

Bahasa ini berkembang di seluruh dunia karena dipengaruhi oleh ekspansi Inggris di masa kolonialisme Eropa, di mana Inggris merupakan salah satu negara yang memiliki wilayah jajahan paling banyak dibandingkan dengan negara-negara lain.

Pada 1921, Imperium Britania diketahui telah menguasai seperempat dari seluruh daratan di Bumi. Inggris juga aktif mengajarkan bahasa ini kepada penduduk di wilayah koloni mereka.

2. Bahasa China

Bahas China menempati urutan kedua, dengan lebih dari satu miliar orang yang menggunakannya.

3. Bahasa Hindi (India)

Bahasa Hindi (India) menempati urutan ketiga dengan 602 juta penutur.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar