Daerah

Bupati Inhil Irup Peringatan Hari Pramuka ke-58 di Lapangan Gajah Mada, Tembilahan


Bupati Inhil Irup Peringatan Hari Pramuka ke-58 di Lapangan Gajah Mada, Tembilahan

Inhil, Pesisirnews.com - Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan menjadi Inspektur Upacara (Irup) Hari Pramuka ke-58 Kwartir Cabang (Kwarcab) 04.02, di Lapangan Gajah Mada Tembilahan, Ahad, 18 Agustus 2019


Kegiatan yang mengusung tema "Bersama segenap komponen bangsa, Gerakan Pramuka siap sedia membangun keutuhan NKRI"


Kamabicab Gerakan Pramuka Inhil, HM Wardan yang membacakan amanat Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Budi Waseso berharap agar seluruh anggota Pramuka memiliki perhatian penuh, kesamaan cara pandang dan bahasa dalam menyikapi berbagai permasalahan, khususnya hal-hal yang mengancam keutuhan NKRI.


"Hentikan segala upaya untuk menyeret Gerakan Pramuka ke dalam wilayah politik praktis," ujar Wardan yang juga menjabat sebagai Bupati Inhil ini.


Ditegaskannya, Gerakan Pramuka Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI, dimana anggota Pramuka harus menepati janjinya Trisatya yaitu, menjalankan kewajiban terhadap Tuhan YME dan NKRI, menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri membangun masyarakat, serta menepati Dasadarma.


Dasadarma merupakan sepuluh kebijakan yang harus menjadi pedoman bagi pramuka dalam bertingkah Iaku keseharian, yakni taqwa kepada Tuhan YME, cinta alam dan kasih sayang sesama manusia, patriot yang sopan dan kesatria, patuh dan suka bermusyawarah, rela menolong dan tabah, rajin, terampil dan gembira, hemat, cermat dan bersahaja, disiplin, berani dan setia, bertanggung jawab dan dapat dipercaya, serta suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan.


Sementara itu, Wakil Bupati (Wabup) Inhil, H Syamsuddin Uti yang turut hadir mengungkapkan kebahagiaannya menghadiri dan melihat langsung pelaksanaan upacara yang diisi dengan berbagai kegiatan menarik dari anggota Pramuka.


"Saya harapkan mereka (Anggota Pramuka,red) maju dan berkembang, serta terus menunjukkan kepiawaiannya dalam kepramukaan," katanya.


Kemudian, Wabup berpesan kepada seluruh Gerakan Pramuka Inhil, untuk terus membuat inovasi baru guna melatih mental dan kemampuan setiap anggota Pramuka.


"Pramuka ini sangat bagus dalam memupuk kedisiplinan, serta kesiapan untuk menghadapi berbagai kondisi di lapangan," tambahnya.(***)

Penulis: admin

loading...