• Home
  • Daerah
  • Rohil
  • Dandim 0321/Rohil Pimpim Simulasi Penanggulan Karhutla di Basira

Dandim 0321/Rohil Pimpim Simulasi Penanggulan Karhutla di Basira

Budi Minggu, 16 Februari 2020 00:07 WIB
Bagan Sinembah Raya

Pesisirnews.com- Dandim 0321 Rokan Hilir, Letkol. Arh. Agung Rachman Wahyudi, SIP,MI, Pol memimpin pelaksanaan simulasi penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karlahut) di Kec. Bagan Sinembah Raya (Basira), Kab. Rohil, Sabtu (15/02/2020).

Simulasi pengecekan peralatan pemadam Karhutla di selenggarakan di halaman Kantor Camat Basira. Sepanjutnya dilakukan simulasi pemadaman yang dilaksanakan di Kepenghuluan Makmur Jaya.

Selain Dandim, juga hadir Wakil Bupati Rohil
Drs. Jamiluddin, Kapolres Rohil AKBP. M. Mustofa, SIK, MSi, Kepala Kejari Rohil Gaos Wicaksono, Kepala BPBD Rohil Hari D Putra, Camat Basira Drs. HM. Yusuf, Msi, Camat Bagan Sinembah Sakinah, SSTP, Msi, Danramil 03 Bagan Sinembah Kapten. Inf. Mendrofa, Kapolsek Bagan Sinembah Kompol. Panangian, SH, MSi, para lurah dan datuk penghulu se Kec. Basira, Kapuskes Boltrim dr. Purwati dan lainnya.

Dandim, Agung pada sambutan menyampaikan, dalam penanggulangan api melibatkan seluruh elemen. Sebab kata dia, hal itu adalah tanggung jawab bersama, pejabat pemerintahan, masyarakat dalam hal ini sebagai pelaku penanggulangan.

"Seluruh elemen adalah pelaku dan juga akan turun ke lapangan memberi imbauan kepada masyarakat agar tidak membakar lahan dan juga ikut melakukan patroli," ucapnya.

Dengan terbentuknya kasatgas pada tingkat kecamatan dalam penanggulangan titik api kata Dandim, diharapkan agar tahun 2020 tidak terjadi kebakaran hutan, khususnya di wilayah Kab. Rohil.

"Saya berharap pada 2020 ini, Karhutla di Kab. Rohil ini tidak ada lagi dan apabila ada titik api dapat diatasi dengan mudah," harapnya.

Ditempat yang sama, Wakil Bupati Rohil, Drs. Jamiluddin mengucapkan rasa terimakasih terhadap tiga pilar di Kab. Rohil yang telah bersinergi dalam upaya penanggulangan terjadinya Karhutla.

Dirinya juga mengatakan, upaya pencegahan terjadinya Karhutla adalah tanggung jawab bersama. Menurutnya, masyarakat dan Upika harus bersinergi melakukan pencegahan api.

"Saya juga mengharapkan di 2020 tidak ada kebakaran lagi. Jadi, jika ada ditemukan tanda-tanda keberadaan api di manapun itu agar ditanggulangi bersama-sama," ujarnya.

Sebagai pucuk pemimpin di Kab. Rohil, Jamiluddin menyampaikan sudah berupaya menyiapkan peralatan pemadaman api.

"Untuk fasilitas kendaraan yang tidak dapat dijangkau roda 4, kita sudah siapkan kendaraan roda dua dan hampir seluruh kepenghuluan sudah menerima kendaraan itu. Dan fasilitas yang lainnya juga sudah disiapkan, jadi mudah-mudahan tidak ada hambatan di lapangan ketika melakukan pemadaman api," tandasnya.(Budiman)
Tags KarhutlaLingkunganRiauRokan HilirTNI

Berita Terkait

Komentar

Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.

FB Comments