Daerah

Kecamatan Rupat Gelar Sosialisasi Pendistribusian Raskin


Kecamatan Rupat Gelar Sosialisasi Pendistribusian Raskin
Foto: Budi
Suasana sosialisasi.
PESISIRNEWS.COM, RUPAT - Sosialisasi program pendistribusian raskin di kecamatan Rupat kabupaten Bengkalis tahun 2016 dilaksanakan di Aula kantor Camat Rupat,  Selasa (22/3/2016). Acara ini dihadiri Lurah/Kepala Desa, Rt, RW, Tokoh Masyarakat se-kecematan Rupat.

Acara dibuka langsung oleh Kasi PMD Kecamatan Rupat Agafri SE. Narasumber dari Kepala BPS Bengkalis, diwakili BPS Kecamatan Rupat Ahmat SE, Bulog M Yusuf, Kasubag Perekonomian, Sekda kabupaten Bengkalis Mukhlis.

"Tujuan program raskin adalah mengurangi beban pengeluaran rumah tangga sasaran melalui pemenuhan sebagai kebutuhan pangan beras, sasaran program raskin tahun 2016 adalah berkurangnya beban pengeluaran RTS dalam mencukupi kebutuhan pangan beras melalui penyaluran beras bersubsidi dengan alokasi sebanyak 15 kg/RTS/bulan," ungkap Agapri.

Kasubag Ekonomi Mukhlis dalam kata sambutan sebagai narasumber menjelaskan, program sosialisasi ini akan diadakan di seluruh kecamatan se-kabupaten Bengkalis.

"Harapan kita kedepanya permasalahan raskin baik itu distribusi juga kualitas beras serta data base di lapangan akan terjawab dalam sosialisasi," ujarnya.

Kurangnya sosialisi, sambung Kasubag, mengakibatkan data kewenangan pendistribusian beras ke daerah kurang valid, dan melalui proses musawarah tingkat pedesaan, nama ahli waris jika data awal ada yang meninggal berganti data, tentunya mekanisme harus jelas, serta tim pelaksana raskin dari desa harus di libatkan.

"Jadi data benar-benar valid, dari database daftar penerima di setiap kecamatan, juga kabupaten untuk masing-masing program bisa ditarik dengan imformasi nama, alamat, serta status kemiskinan yang akurat," tutup Mukhlis.(bud)

Penulis: