Daerah

Mari Perangi Narkoba bersama DPC LAN Kabupaten Pelalawan

pesisirnews.com pesisirnews.com
Mari Perangi Narkoba bersama DPC LAN Kabupaten Pelalawan

Pelalawan - PesisirNews. Com - Narkoba telah merajalela di Indonesia, bahkan sudah memasuki seluruh pelosok Nusantara ini. Permasalahan narkoba di Republik Indonesia tercinta ini adalah merupakan permasalahan yang bersifat urgent. Dimana dalam kurun waktu satu dekade terakhir permasalahan ini kian menjadi marak. Terbukti dengan bertambahnya jumlah penyalahgunaan atau pecandu narkoba secara signifikan. Hampir semua kalangan masyarakat positif menggunakan Narkoba. Mulai dari publik figure,bahkan lebih parahnya lagi adalah narkoba juga telah merasuki para penegak hukum di negeri ini.

Masalah penyalahgunaan narkoba di Indonesia sudah sangat memprihatinkan. Hal ini disebabkan beberapa hal, "Apa karena Indonesia yang terletak pada posisi di antara tiga benua?" " Kemungkinan bisa Iya....

Kenapa saya bilang Iya.... Ini melihat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, pengaruh globalisasi dan arus transportasi yang sangat maju serta perkembangan teknologi yang sangat canggih sebagai dinamika sasaran peredaran gelap Narkoba.

Kekhawatiran ini semakin di pertajam akibat maraknya peredaran narkotika yang telah merebak di segala lapisan masyarakat, termasuk di kalangan generasi muda. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap kehidupan bangsa dan negara pada masa mendatang.

Sudah menjadi rahasia umum bagi kita seluruh masyarakat Indonesia bahwa jumlah korban yang disebabkan oleh Narkoba ini terus meningkat hingga dua kali lipat dari tahun tahun sebelumnya. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap kehidupan bangsa dan negara pada masa mendatang. Perilaku sebagian remaja yang secara nyata telah jauh mengabaikan nilai - nilai kaidah dan norma - norma Agama serta hukum yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia ini menjadi salah satu penyebab maraknya penggunaan narkoba di kalangan generasi muda. Dalam kehidupan sehari - hari di tengah-tengah masyarakat masih banyak dijumpai remaja yang masih melakukan penyalahgunaan narkoba. Menanggapi fenomena ini pemerintah telah menetapkan Negara Indonesia sedang berada dalam keadaan darurat Narkoba.

Dalam kehidupan sehari-hari di tengah masyarakat masih banyak dijumpai remaja yang masih melakukan penyalahgunaan Narkoba. Kurangnya pengawasan orang tua terhadap anak juga menjadi salah satu penyebab penyalahgunaan narkoba. Salah pergaulan atau terjerumus ke dalam lingkungan yang kurang baik juga menyebabkan remaja menjadi masuk ke dalam lingkaran narkoba. Jika dalam lingkungan masyarakat terkontrol dengan baik dan memiliki organisasi yang baik, maka hal tersebut bisa mencegah terjadinya penyalahgunaan narkoba.

Narkoba bisa menghancurkan masa depan generasi bangsa. Generasi muda yang semestinya menjadi calon-calon penerus bangsa akan hancur masa depannya jika masuk ke dalam jeratan narkoba.

Jangankan menjadi masa depan bangsa, masa depan mereka sendiri pun akan rusak akibat dari dampak narkoba. Hal ini dikarenakan narkoba akan menciptakan ketergantungan pada barang tersebut. Jika sudah ketergantungan dengan narkoba, maka untuk melepasnya akan sulit dan juga harus dilakukan rehabilitasi bagi sang pemakai tersebut. Generasi yang ketergantungan pada narkoba akan menjadi generasi yang tidak bisa lepas dari narkoba.

Generasi muda semestinya memiliki daya kreatifitas yang tinggi. Di masa-masa inilah mereka bisa menemukan pemikiran-pemikiran baru, menemukan inovasi dan berprestasi. Namun, apa yang terjadi ketika mereka masuk ke jurang narkoba? Mereka akan kehilangan itu semua. Narkoba ini perlahan-lahan akan mematikan sel-sel otak mereka, sehingga lama kelamaan otak mereka tidak mampu lagi berkreasi dan yang ada di dalamnya hanyalah narkoba. Jika otak mereka sudah terkontaminasi oleh narkoba, maka tidak ada lagi kreatifitas yang tersisa. Juga membuat otak susah berkonsentrasi dalam hal pelajaran disekolah ataupun di perguruan tinggi.

Terdapat suatu kenyataan yang sulit dipercaya, bahwa hampir semua pengguna Narkoba mengetahui bahaya dari Narkoba, namun hanya sedikit yang bersedia dan berhasil untuk menghentikan kebiasaannya tersebut. Ancaman penyakit kronis yang mengintai terkadang tidak cukup ampuh untuk membuat pecandu menghentikan kebiasaannya. Narkoba di satu sisi merupakan sesuatu yang dibenci dan dicoba untuk dihindari, namun disatu sisi yang lain dianggap sebagai sahabat setia yang terus dicari dan bahkan dijadikan sebagai salah satu alat pergaulan. Terkadang dijadikan tempat pelarian untuk menenangkan diri saat pecandu tersebut mengalami frustasi dan depresi.

Kesimpulannya adalah, Narkoba sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup bangsa ini. Hal ini dikarenakan Narkoba ini bisa menghancurkan masa depan para pemuda, calon penerus bangsa, narkoba bisa menghancurkan daya kreatifitas para remaja, dan juga Narkoba bisa memciptakan generasi pelanggar hukum. Semua akibat itu akan menuntun pada kehancuran bangsa ini. Maka dari itu, jika pemerintah tidak melakukan tindakan yang nyata untuk menghentikan peredaran Narkoba ini, maka Negara ini akan hancur karena generasi bangsanya terjerumus ke dalam lingkaran Narkoba, perlu adanya pengawasan orang tua terhadap anak, memilah dan memilih teman dalam lingkungan sekolah dan lingkaran rumah.

Maka dari itu, Dewan Pimpinan Cabang Lembaga Anti Narkotika Kabupaten Pelalawan yang di ketua Bung Anton Sikumbang, hadir di tengah - tengah Masyarakat Pelalawan, untuk perangi Narkoba bersama- sama dan juga segenap pengurus dan anggota DPC LAN Kabupaten Pelalawan akan selalu berperan aktif dalam mempersempit ruang lingkup peredaran narkoba ini dengan cara memberikan pemaparan bahaya narkoba dalam bentuk sosialisasi sampai ketingkat Desa dan juga ketingkat RT dan harapan kita dengan kehadiran Lembaga Anti Narkotika (LAN) ini dapat mewujudkan Pelalawan bersih dari Narkoba.

( Ditulis oleh : David Nainggolan, Kabid Logistik DPC LAN Kabupaten Pelalawan)

Penulis: Haikal