Daerah

Pengesahan APBD Tahun 2016 Dibatalkan Lagi, Ini Alasannya


Pengesahan APBD Tahun 2016 Dibatalkan Lagi, Ini Alasannya
Rahmad
Suasana di dalam gedung DPRD Kepulauan Meranti
PESISIRNEWS.COM, SELATPANJANG - Lagi - lagi pengesahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2016 Kepulauan Meranti dijadwalkan hari ini yang disepakati oleh semua pihak eksekutif dan legislatif batal dilaksanakan, Senin (18/1/16).

Hal ini dikarenakan masih ada usulan yang masih dalam rasionalisasi dan pengesahannya dikembalikan. Untuk itu, Pemkab Meranti bersama DPRD akan kembali mematangkan usulan yang akan diajukan untuk disahkan dalam APBD 2016 tersebut.

Dalam pengesahan yang dijadwalkan hari ini, sejumlah pejabat dan undangan sudah menunggu sejak pukul 09.00 wib pagi. Sementara dalam waktu yang terus berjalan itu, Ketua DPRD beserta unsur pimpinan DPRD dan sejumlah anggota DPRD bersama Sekda, Drs H Iqaruddin MSi selaku Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) menggelar rapat kecil di samping gedung Balai Sidang DPRD.

Hingga menunjukkan pukul 12.00, rapat kecil antar pihak DPRD dan Pemkab Meranti barulah usai. "Dalam rapat, kita mengusulkan rapat sementara akan kembali ditunda.Kita khawatir nantinya nantinya usulan kita ini dikembalikan lagi karena rasionalisas," ungkap Ketua DPRD Fauzi Hasan SE didampingi Wakil Ketua DPRD M Tofikurrohman SPd MSI dan Wakil Ketua DPRD, Muzamil serta Sekwan, Drs H Nuriman Khair MM kepada sejumlah wartawan setelah usai melakukan rapat kecil dibelakang ruang sidang DPRD Kepulauan Meranti tersebut.

"Sebab kejadian didaerah lainnya, setelah diajukan ke Pemerintah Provinsi Riau, akhirnya kembalikan lagi. Sehingga jika sudah begini akan memakan waktu lama," tambah Fauzi Hasan SE lagi.

Menurutnya, ada pos-pos yang akan dilakukan pergeseran dalam struktur APBD 2016 nantinya. Khususnya dari pos Belanja Langsung.

"Yang pasti yang paling penting harus masuk dalam APBD 2015 tersebut adalah anggaran untuk membayar utang kepada pihak rekanan. Karena bagaimanapun utang kepada rekanan menjadi prioritas yang harus kita bayarkan nantinya," terang dia. 

Untuk itu, Ia optimis pengesahan bisa dilaksanakan dalam pekan ini juga nantinya. "Mudah-mudahan dalam dua hari kedepan bisa kita sahkan APBD 2016 ini," sebutnya.(rhd)
Penulis: