Daerah

Stok Darah di Dumai Cukup Hingga Akhir Tahun


Stok Darah di Dumai Cukup Hingga Akhir Tahun
Foto: Internet.
Kantong darah.
DUMAI, PESISIRNEWS.COM - Unit Transfusi Darah Cabang (UTDC) PMI Dumai menyatakan jumlah persediaan kantong darah medis dijamin aman dan cukup memenuhi kebutuhan hingga akhir tahun ini, yakni lebih kurang sebanyak 288 kantong.

Kepala UTDC Dumai Hafiz Permana menyebutkan, jumlah stok tersedia berkat dibantu kegiatan penggalangan donor darah massal oleh berbagai instansi dan pihak swasta peduli selama pekan ketiga November hingga Desember ini.

"Ada sepuluh kegiatan donor darah massal selama November dan Desember yang telah berkontribusi 280 kantong darah medis dan sangat membantu persediaan kita," ujarnya kepada wartawan kemarin.

Ia menyebutkan, sejumlah kegiatan donor darah yang baru – baru dilakukan, diantaranya, Pangkalan TNI AL Dumai, Hotel Grandzuri, Pertamina RU II, Hypermart, BRI Syariah dan Panitia Natal.

Kebutuhan normal perbulan darah medis yang harus disiapkan UTDC Dumai, lanjut Hafidz, minimal sebanyak 400 kantong untuk memenuhi permintaan sejumlah rumah sakit dan balai pengobatan di Kota Dumai.

"Permintaan darah dua bulan ini mengalami peningkatan di sejumlah rumah sakit dan klinik, serta dengan persediaan yang ada, kami optimis stok bisa mencukupi," sebutnya.

Untuk kebutuhan darah medis ini sebagian besar bagi pengobatan penyakit dalam, kanker, gagal ginjal, persalinan dan kecelakaan serta lain sebagainya.

Setiap penyimpanan stok darah, sebelumnya selalu dilakukan pemeriksaan kesehatan di labor UTDC dengan alat khusus dan cairan kimia agar terhindar dari penyakit HIV AIDS, Hepatitis C, Hepatitis B dan Svilis serta malaria.

"Jelang akhir tahun ini pihak dari IPDN Kabupaten Rokan Hilir juga sudah mengajukan permintaan donor darah massal, dan semoga kondisi stok darah tetap terjaga hingga akhir tahun nanti," tukasnya.

Jangan lewatkan berita terkait lainnya. Silahkan Klik DISINI / DISINI

(dcp)

Penulis: