Daerah

Bawaslu Kota Banjar Gelar Apel Siaga Pengawas Pemilu 2022


Bawaslu Kota Banjar Gelar Apel Siaga Pengawas Pemilu 2022

BANJAR (Pesisirnews.com) - Bawaslu Kota Banjar melaksanakan Apel Siaga Pengawas Pemilu 2022, Selasa (14/6/2022). Apel ini dilakukan secara serentak se-Indonesia.

Apel siaga tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Bawaslu Kota Banjar, Irfan Saeful Rohman.

Dalam Apel tersebut, Ketua Bawaslu Kota Banjar menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan serentak oleh seluruh Pengawas Pemilu se-Indonesia pada masing-masing sekretariat. Dan ini merupakan awal tahapan dan jadwal penyelenggaraan Pemilihan Umum tahun 2024 sesuai dengan PKPU No. 3 Tahun 2022.

“Apel Siaga Pengawas Pemilu serentak se-Indonesia bertujuan mengecek kesiapan kita selaku penyelenggaraan Pemilu dalam melaksanakan fungsi-fungsi pencegahan, pengawasan, penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa proses,” ucapnya.

Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024 merupakan kali pertama yang diselenggarakan di Indonesia, dan mengacu kepada UU No. 7 tahun 2017 tentang tahapan Pemilu yang berlangsung selama 20 bulan.

“Bawaslu Kota Banjar selaku Penyelenggara Pemilu harus siaga dan aktif dalam melaksanakan tanggung jawab kita sebagai Lembaga Pengawas Pemilu yang menciptakan Pemilu yang Luber dan Judil,” imbuhnya.

Pelaksanaan Apel Siaga Kesiapan Pengawas Pemilu tersebut dapat pula dijadikan momentum untuk memberikan edukasi kepada Pelaksana Teknis di lapangan agar dapat meningkatkan SDM dan memotivasi mereka dalam melaksanakan tugas dan fungsinya serta tanggung jawabnya.

Dengan kesiapan yang matang disertai evaluasi diri, diharapkan kita mampu menciptakan Pemilu yang adil dan berintegritas. Bersama rakyat awasi Pemilu, bersama Bawaslu tegakkan keadilan Pemilu,” pungkasnya. (PNC/Nier)

Penulis: Nier

Penulis:

Editor: Anjar