Daerah

ODGJ Berkeliaran di Pekanbaru, Wagubri Minta Dinsos Lakukan Hal Ini

Anjar Anjar
ODGJ Berkeliaran di Pekanbaru, Wagubri Minta Dinsos Lakukan Hal Ini

Ilutrasi: Orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di jalanan. (Foto: ANTARA/Iggoy el Fitra)

PEKANBARU (Pesisirnews.com) - Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution meminta Dinas Sosial (Dinsos) di wilayahnya untuk mengurus orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang berkeliaran di jalan agar mereka mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik.

"Pelayanan terhadap ODGJ ini selain tanggung jawab bersama juga menjadi tanggung jawab yang akan dipertanyakan di akhirat nanti sesuai pekerjaan yang kita jalani saat ini sebagai pelayan masyarakat," kata Edy Nasution mengutip Antara di Pekanbaru, Kamis.

Dia mengatakan itu usai mengunjungi seorang ODGJ di Jalan Tengku Zainal Abidin, Kelurahan Rintis, Kecamatan Limapuluh, Pekanbaru, Kamis (26/5).

Kunjungan tersebut sebagai bentuk kepedulian Pemprov Riau terhadap ODGJ yang sebelumnya dilaporkan masyarakat kepada Wagub Riau.

Edy Nasution mengatakan pelayanan kepada ODGJ merupakan tanggung jawab bersama, khususnya pemerintah sebagai pelayan masyarakat dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau memiliki Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Tampan yang cukup bagus dilengkapi sarana prasarana serta sumber daya manusia handal untuk melayani pasien.

"Karenanya Dinsos Provinsi Riau, kabupaten/kota perlu terus berkoordinasi melayani ODGJ sehinggake ke depan tidak ada lagi masyarakat yang mengalami gangguan jiwa berkeliaran di jalan dan tidak mendapat perhatian dari pemerintah," katanya.

Peninjauan dilakukan sekaligus sebagai bentuk komitmen Pemerintah Provinsi Riau dalam meningkatkan derajat kesehatan jiwa dan kesehatan masyarakat.

"Untuk pelayanan ODGJ juga memiliki hak yang sama dengan masyarakat lainnya sehingga pelayanan diberikan harus lebih baik untuk mereka," katanya.

Halaman :
Penulis: Anjar

Editor: Anjar

mgid.com, 340009, DIRECT, d4c29acad76ce94f