Daerah

Pemkot Banjar Terima Pengelolaan Transmisi Air Baku Balokang Patrol

Anjar Anjar
Pemkot Banjar Terima Pengelolaan Transmisi Air Baku Balokang Patrol

BANJAR, Pesisirnews.com - Pembangunan jaringan transmisi air baku Balokang Patrol di Kota Banjar yang telah selesai dilaksanakan dan telah melewati hasil uji coba dan telah bisa mengalir air sebesar 50 liter/ detik sesuai target.

Untuk selanjutnya pengelolaan transmisi air baku Balokang Patrol diserahkan kepada Pemkot Banjar melalui Perumdam Tirta Anom Kota Banjar.

Serah terima pengelolaan Badan Milik Negara tersebut dilakukan di Aula Leuwi Keris Kantor Balai Besar Wilayah Sungai ( BBWS) Citanduy, Selasa ( 28/12/2021).

Wakil Walikota Banjar Nana Suryana seusai penandatanganan serah terima pengelolaan jaringan air baku Balokang Patrol menyampaikan apresiasinya atas sinergitas antara BBWS Citanduy dengan Pemerintah Kota Banjar dan Perumdam.

“Mudah-mudahan dengan adanya serah terima kelola dari saluran air baku di Balokang Patrol, dan dikelola oleh Perumdam secepatnya mengalirkan ke sasaran-sasaran, sehingga nantinya kebutuhan air di Banjar barat dan selatan terpenuhi,” ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala BBWS Citanduy Bambang Hidayah menyampaikan hanya pengelolaannya saja yang diserahkan kepada Pemerintah Kota.

“Ini hanya untuk pengelolaannya saja yang kita serahkan. Sedangkan untuk pemeliharaan akan dilihat dulu, karena untuk pemeliharaan itu ada tiga bagian, yaitu pemeliharaan rutin, menengah dan berkala atau jangka panjang. Untuk pemeliharaan berkala apalagi kerusakannya berat, otomatis tetap BBWS yang memperbaikinya,” jelasnya.

Menurut Direktur Perumdam Tirta Anom E. Fitrah Nurkamilah, saat ini hampir 2.600 yang sudah mendaftar untuk sambungan rumah ( SR), sedangkan yang sudah dipasok baru 213 SR.

“Saat ini kita masih memberikan pelayanan secara gratis, dan di bulan Februari nanti akan diaktifkan, kalau lancar dalam pengolahan. Di bulan Januari nanti ada pemberitahuan akan ada pengaktifan. Untuk pembayarannya sendiri cuma Rp. 4 /liter,” ucapnya.

Jaringan transmisi air baku Balokang Patrol sendiri bisa mengalir air sebesar 50 liter/detik. Sementara 1 liter/detik cukup untuk 80 sambungan rumah. Diperkirakan 4.000 sambungan rumah bisa menikmati air bersih dari jaringan transmisi air baku Balokang Patrol. (Nier)

Penulis: Nier

Penulis: Anjar

Editor: Anjar