Daerah

Umat Khonghucu di Kota Banjar Laksanakan Ibadah Sembahyang Awal Tahun

Anjar Anjar
Umat Khonghucu di Kota Banjar Laksanakan Ibadah Sembahyang Awal Tahun

BANJAR, Pesisirnews.com - Umat Khonghucu di Kota Banjar melaksanakan ibadah Sembahyang awal tahun (ce it) yang dilaksanakan secara sederhana namun penuh khidmat dalam rangka Tahun Baru Imlek 2022 di Kota Banjar, Selasa (2/2/2022).

Menurut Widi, seorang pelayan rohani umat Khonghucu di Banjar dan Ciamis, umat Makin Banjar melaksanakan ibadah sembahyang di awal tahun 2573, tahun macan air yang pergantiannya tadi malam.

Ada pun sembahyang kebaktiannya dilaksanakan sekarang. Banyaknya umat Khonghucu yang pulang kampung membuat cukup banyak jemaat yang datang dalam ibadah sembahyang kebaktian tersebut.

“Kita berharap di Tahun Macan Air ini apa yang tahun lalu belum tercapai bisa tercapai, kebahagiaan lebih berlimpah, rejeki lebih banyak dan kesehatan yang lebih prima,” ucapnya.

Perayaan Tahun Baru Imlek 2573 yang dilaksanakan secara sederhana sesuai anjuran dari Kemenag dan Majelis Agama Khonghucu.

“Imlek tahun ini kita laksanakan sederhana saja tanpa ada perayaan, cuma ada satu lomba yang bertujuan untuk memberikan semangat dan motivasi untuk anak-anak sekolah Minggu, agar lebih rajin lagi dalam kegiatan di Makin,” jelas Kho, yang yang pengurus Makin Banjar.

Ketua Makin Banjar Budi menambahkan, pelaksanaan ibadah sembahyang awal tahun baru Imlek ini sebagai moment untuk introspeksi diri.

Pelaksanaan ibadah untuk tahun ini, moment kita untuk introspeksi diri, meneliti apa yang telah kita lakukan selama satu tahun ke belakang, apakah ada yang belum dikerjakan, apakah kita sudah melakukan sikap kita sesuai dengan kebajikan. Karena sikap seorang Junzi atau Susilawan bila suatu hari bisa memperharui diri, perbaharui setiap hari, perbaharui selama-lamanya,” tuturnya. (PNC/Nier)

Penulis: Nier

Penulis: Anjar

Editor: Anjar

mgid.com, 340009, DIRECT, d4c29acad76ce94f